Susu Kambing Bermanfaat Lawan Infeksi Paru

by

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Susu kambing sangat baik untuk kesehatan tubuh. Utamanya untuk infeksi paru-paru.

Spesialis Gizi Klinik, Rumah Sakit Ibnu Sina, dr Asrini Safitri Husain MKes SpGK menuturkan, susu kambing baik karena mengandung nutrisi terbaik setelah ASI. Kandungan gizinya banyak, salah satunya mengandung sodium, fluorin, kalsium, dan fosfor.

Susu kambing sangat baik dikonsumsi orang dengan penyakit infeksi seperti paru-paru, asma, dan tuberkulosis.

“Prinsipnya susu kambing sama dengan jenis susu lain. Mengandung makronutrien berupa karbohidrat, tinggi protein, dan lemak yang memang dibutuhkan oleh orang dengan penyakit infeksi,” ungkapnya.

Susu kambing mempunyai kandungan asam lemak rantai pendek dan sedang serta rendah laktosa sehingga mudah untuk di cerna. Tidak membuat alergi dan diare.

Bagi yang anak-anak di usia 1 tahun ke atas serta lansia sangat baik mengonsumsinya. Kandungan kalsium yang tinggi juga sangat baik untuk pertumbuhan tulang.

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia, dr M Khidri Alwi MKes mengatakan, susu kambing mampu memperbaiki kondisi anemia, karena kandungan zat besi serta merangsang pembentukan hemoglobin.

Susu kambing juga baik bagi penderita asma, TBC, bronkitis, dan infeksi paru-paru, karena mengandung beberapa senyawa. Di antaranya, flourin, betasein yang baik untuk menghilangkan permasalahan pernasapan yang disebabkan oleh virus dan bakteri serta meningkatkan imunitas tubuh.

Mengonsumsi segelas susu kambing juga dapat menghilanhkan stres. Kandungan zinc dan magnesiumnya juga mampu memperkuat jaringan saraf dan membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan saraf. (fajar/aci)

Reporter: Rahmadani Indah Abadi
Editor: Hamdani Saharuna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *