Ayo ke Museum, di Sana Banyak Ilmu

by

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Holla guys, kali ini SMAN 2 Makassar mendapat kesempatan dikunjungi oleh Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Dikbudpar) Sulawesi Selatan. Kunjungan ini merupakan kegiatan pengenalan dan edukasi Museum Masuk Sekolah, Selasa, 23 Juli.

Edukasi ini dikhususkan untuk pengenalan Museum Karaeng Patingalloang di Kabupaten Gowa. Ada ratusan peserta hadir mengisi ruangan aula sekolah. Kepala SMAN 2 Makassar, Muh Asrar mengaku sosialisasi seperti ini mampu membuat siswa bisa lebih kenal dan paham mengenai nilai-nilai budaya yang kini mulai ditinggalkan remaja.

“Pembelajaran bisa didapatkan dari berbagai sumber, baik dalam kelas maupun luar kelas. Dengan adanya sosialisasi ini, bisa membuat pelajaran menjadi konseptual dan mengaitkan situasi secara nyata antara teori dan kenyataan di lapangan. Khususnya pembelajaran sejarah,” ungkap Asrar.

Bagi sebagian siswa, sejarah bisa jadi membosankan jika hanya disajikan dalam bentuk cerita atau verbal. “Memang diperlukan sosialisasi antara dua pihak (sekolah dan museum). Sekolah juga harus punya studi lapangan, agar siswa tidak hanya mengkhayal. Mereka bisa melihat dan belajar secara real dan tertarik dengan museum,” sambungnya.

Berawal dari ketidaktahuan, Nurul Mutiara Syahputri menyimak dengan serius materi yang diberikan oleh Andini Perdana SS MHum. Siswi kelas IX ini mengaku sangat senang dengan adanya program ini. “Kalau bisa, nanti saya harap ada kegiatan berkunjung ke museum,” katanya.

Senada, Pujinna Kagumi Luthfia Camila juga sangat tertarik setelah mendengar materi-materi yang disampaikan. “Sebelumnya saya juga tidak paham betul mengenai museum,” singkatnya. (trs/yuk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *