Imbang Lawan Italia, Pelatih Inggris Kutuk Penggunaan VAR

by

FAJAR TREND –┬áPelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, mengkritisi penggunaan Video Assistant Referee (VAR) kala timnya menjamu Italia pada laga persahabatan di Wembley Stadium, London, Inggris, Rabu (28/3) dini hari WIB.

Southgate ragu akan keputusan wasit Deniz Aytekin yang menghadiahi Italia penalti berdasarkan rekaman VAR di menit 85. Menurutnya, keputusan tersebut kurang tepat.

“Saya senang ini bukan (laga) Piala Dunia. Saya kira regulasi VAR telah jelas, ternyata tidak. Ini bisa menjadi perdebatan sepanjang hari,” ujarnya Southgate kepada ITV, dikutip dari Footbal Italia.

Wasit menghadiahi penalti kepada Italia usai Frederico Chiesa dijatuhkan James Tarkowski di kotak terlarang. Akan tetapi, Southgate menilai anak asuhnya tidak melanggar Chiesa.

“James Tarkowski terlihat hanya berdiri, dia (Chiesa) sebenarnya juga akan terjatuh (walau pergerakannya diganggu),” ungkapnya.

Southgate menyayangkan penggunaan VAR justru dapat merugikan salah satu tim yang bertanding.

“Wasit sebenarnya sudah memiliki pandangan yang baik atas insiden itu. Saya justru berpikir VAR tidak akan bisa menerangkannya,” pungkasnya.

Atas keputusan tersebut, Sterling dkk. harus puas bermain imbang 1-1 setelah sebelumnya Jamie Vardy membuat tuan rumah unggul di menit 26.

(riz/fajar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *