PBB Diloloskan Bawaslu, Fahri Hamzah Sindir Keras KPU – Fajar Trend
Google Trend

PBB Diloloskan Bawaslu, Fahri Hamzah Sindir Keras KPU

Waketum DPR RI Fahri Hamzah. - Dok.

FAJAR TREND – Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, memberikan peringatan keras terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait polemik Partai Bulan Bintang (PBB), sebagai peserta Pemilu 2019.

Sengketa PBB perihal keikutsertaan dalam Pemilu 2019 yang diputuskan Sidang Adjudifikasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dnilai Fahri menjadi cermin kinerja non-independen KPU.

Fahri melihat ada motif tertentu dari putusan KPU untuk tidak meoloskan PBB.

“Saya kaget waktu tahu PBB ditiadakan. Sementara partai-partai gak jelas aja tiba-tiba jadi peserta pemilu. Itu enak betul,” ujar Fahri di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (5/3).

Untuk itu, Fahri menyarankan KPU untuk bertindak tanpa ada kepentingan tertentu yang melatarbelakangi.

“Jadi mulai sekarang KPU independen lah, jangan kelihatan memihak siapa pun termasuk petaha,” tegasnya.

Sebab, kata Fahri, jika KPU tidak membenahi diri akan berakibat pada rusaknya reputasi dan kredibilitas pemilihan umum.

Sebelumnya, Sebelumnya, Ketua Bawaslu Abhan saat memimpin sidang ajudifikasi menyatakan mengabulkan gugatan sengketa hasil verifikasi partai politik calon peserta Pemilu 2019 yang diajukan PBB. Atas keputusan sidang itu menggugurkan keputusan KPU.

Dalam putusannya, Bawaslu juga menyatakan PBB memenuhi syarat sebagai peserta pemilu anggota DPR DPRD tingkat provinsi, kabupaten dan kota 2019.

Bawaslu juga membatalkan Surat Keputusan (SK) Pemilu Nomor 58/PL.01.1.-Kpt/03/KPU/II/2018 tentang penetapan parpol peserta Pemilu 2019 yang dibacakan KPU pada 17 Februari lalu.

Bawaslu juga memerintahkan KPU untuk melaksanakan paling lambat 3 hari sejak putusan dibacakan.

Adapun sebelum pembacaan putusan, KPU dan PBB sudah menjalani lima kali sidang ajudikasi di Bawaslu. PBB melayangkan gugatan kepada Bawaslu pada 19 Februari lalu.

Gugatan dilayangkan setelah Surat Keputusan (SK) Pemilu Nomor 58/PL.01.1.-Kpt/03/KPU/II/2018 tentang penetapan parpol peserta Pemilu 2019 yang dibacakan KPU pada 17 Februari lalu,

PBB dinyatakan tidak memenuhi syarat verifikasi parpol calon peserta Pemilu 2019 secara nasional.

Penyebabnya, PBB tidak memenuhi syarat verifikasi di Kabupaten Manokwari Selatan yang mengakibatkan tidak memenuhi syarat verifikasi di Provinsi Papua Barat. Karena itu PBB dinyatakan tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2019.‎

(gwn/JPC/riz/fajar)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!