Ngeri… Ini Kesaksian Penghuni Apartemen di Taiwan yang Miring Akibat Gempa Bumi – Fajar Trend
Google Trend

Ngeri… Ini Kesaksian Penghuni Apartemen di Taiwan yang Miring Akibat Gempa Bumi

Apartemen Yun Tsui tempat Chen Chih Wei (80) tinggal miring 45 derajat akibat gempa berkekuatan 6,4 skala richter yang mengguncang Hualien, Taiwan, Rabu (7/2). - AFP

FAJAR TREND – Seorang saksi mata, Chen Chih Wei (80), membeberkan betapa kuatnya guncangan gempa bumi berkekuatan 6,4 skala richter (SR) yang melanda Kota Hualien, Taiwan, Rabu (7/2).

Awalnya, Chen tak menyadari terjadi gempa, hingga ranjang yang ia pakai untuk tidur di sebuah apartemen di Hualien, Taiwan, terbalik secara vertikal.

“Semuanya hancur. Ranjangku benar-benar berdiri (posisi vertikal), saya sedang tidur saat itu dan seketika berdiri,” ujarnya kepada AFP, dikutip dari Channel News Asia.

Chen tinggal bersama anak perempuannya di lantai paling atas apartemen Yun Tsui yang miring 45 derajat akibat gempa. Sedikitnya, empat orang di apartemen tersebut tewas.

“Apartemen itu benar-benar miring dan saya tidak bisa berdiri. Lantai saya pun sangat licin sehingga saya mesti merangkak dan meluncur untuk keluar,” tambahnya.

Saksi mata lain mengamini kejadian yang dialami Chen. Ia mengaku juga mesti merangkak untuk keluar dari kamar apartemennya.

“Lemari, rak, meja, semuanya terguling. Sulit untuk merangkak dari tempat tidurku, semua barang-barang tertumpuk,” ujarnya.

Tim SAR setempat mengambil inisiatif untuk menyangga apartemen menggunakan blok beton dan batangan baja, untuk berjaga-jaga agar gedung tidak roboh.

Sebab, proses pencarian korban di sekitar gedung masih dilakukan mengingat banyak warga yang terjebak di reruntuhan.

Salah seorang pengelola apartemen Yun Tsui, Chang Fa An mengaku terkejut gedung tersebut tak dapat menahan dahsyatnya gempa 6,4 SR.

“Saat apartemen itu pertama kali dibangun, harga sewa per unit cukup mahal, bahkan yang termahal di Hualien,” bebernya.

Pihaknya mengaku telah memeriksa konstruksi gedung secara keseluruhan sebelum gempa terjadi dan tidak menemukan adanya retakan. (riz/fajar)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!