Kios PKL di Puncak Ditertibkan, Warga Rusuh dengan Satpol PP – Fajar Trend
Google Trend

Kios PKL di Puncak Ditertibkan, Warga Rusuh dengan Satpol PP

Penertiban dan pembongkaran kios di jalur Puncak Cianjur diwarnai pembakaran kayu ke badan jalan di Puncak Ciloto Cipanas, Rabu (11/10). - Ist

FAJAR TREND – Penertiban dan pembongkaran kios PKL di jalur Puncak Cianjur, Rabu (11/10) tak berjalan mulus.

Para pedagang di Ciloto menolak pembongkaran dan melakukan aksi pembakaran kayu di tengah jalan.

Pembakaran ini bentuk kekecewaan pedagang kepada petugas Satpol PP Kabupaten Cianjur yang dinilai melakukan penertiban diluar jadwal.

Deni Sudarman (50) salah seorang pedagang mengaku kecewa dengan penertiban puluhan kios yang berjejer di jalur Puncak Ciloto diluar jadwal yang disepakati. Upaya ini mengundang kekesalan para pemilik kios.

“Kami diberitahu satu hari sebelumnya pembongkaran kios akan dilakukan tanggal (12/10) namun ini malah dilaksanakan penertiban sekarang (11/10). Padahal kami tengah membongkar kios sendiri, dibongkar paksa,” ujarnya.

Ahmad (35) pedagang lainnya menyesalkan pemerintah melakukan penertiban tanpa ada upaya relokasi atau pemindahan tempat berdagang. Mereka seenaknya menginstruksikan pembongkaran tanpa solusi.

“Kalau di Bogor mereka pemerintah menginstruksikan pembongkaran sambil memberikan opsi pemindahan. Dan pemerintah Bogor pun peduli kepada pedagang kecil. Tapi kami kecewa kepada Pemkab Cianjur yang dinilai tak perduli masyarakat kecil,” keluhnya.

Kasat Pol PP Kabupaten Cianjur Akos Koswara enggan memberikan tanggapan mengenai pembongkaran ratusan kios.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Cianjur Kompol HM Warsito mengaku mendukung program pemerintah, tetapi kebijakan pemerintah jangan sampai merugikan masyarakat.

“Kami akan mencari solusi yang baik. Kami sejak brefieng sebelum pelaksanaan di lapangan berpesan jangan sampai anarkis. Akan tetapi di lapangan terjadi hal yang diinginkan, hingga akhirnya kami sebagai pihak netral turun ke lapangan,” tuturnya.

Pihaknya pun memohon kepada masyarakat agar kondusif. Jika ada aspirasi pedagang yang ingin disampaikan ke kepada Pemda Cianjur pihaknya pun siap mengawalnya.

“Kami akan berupaya menjaga keamanan dan diharapkan kerjasama yang baik dari masyarakat dan pemerintah,” tukasnya. (rc/fajar)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!