Ini Makna HUT TNI ke-72 Versi Jenderal Gatot Nurmantyo – Fajar Trend
Google Trend

Ini Makna HUT TNI ke-72 Versi Jenderal Gatot Nurmantyo

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tabur bunga di atas KRI dr. Soeharso. (MUHAMMAD RIDWAN/JAWAPOS.COM)

FAJAR TREND – Pada Kamis (5/10/2017) mendatang, Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan merayakan hari jadinya yang ke-72. Lokasi acara dipusatkan di Dermaga Indah Kiat Cilegon, Banten.

Adapun tema hari ulang tahun TNI nantinya adalah “Bersama Rakyat TNI Kuat”. Menurut Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, alasan pemilihan tema itu karena kemerdekaan direbut oleh tangan rakyat.

“Sejarah telah membuktikan bahwa yang merebut kemerdekaan ini adalah rakyat belum ada TNI,” ujarnya di Cilegon, Banten, Selasa (3/10/2017).

Panglima menyatakan, TNI dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak pernah berjuang sendiri, tetapi juga dengan jerih payah rakyat Indonesia.

“Kemudian perjuangan memelihara kemerdekaan tidak pernah TNI berjuang sendiri, selalu bersama-sama dengan rakyat,” tuturnya.

Oleh sebab itu, dia memilih tema HUT ke- 72 TNI  “Bersama Rakyat TNI Kuat”. Bahkan, kata dia lagi, TNI telah terbukti selama 72 tahun melaksanakan tugasnya untuk kepentingan Indonesia dan rakyat.

“Terbukti selama 72 tahun, TNI mampu melaksanakan tugasnya demi segenap tumpah darah persatuan dan kesatuan itu berama-sama dengan rakyat,” sebutnya.

Sementara itu, terkait kembali dipilihnya Banten sebagai lokasi HUT TNI, Gatot menerangkan bahwa Pelabuhan Indah Kiat di Merak, Kota Cilegon dinilai sebagai lokasi yang cocok untuk melakukan parade dari tiga materai, baik itu darat, udara maupun laut.

“Tidak ada tempat lain, dari segi keamanan, di sini yang cocok,” tuntasnya.

Presiden Joko Widodo nantinya akan bertindak sebagai inspektur upacara pada HUT TNI ke-72 pada Kamis (5/10/2017). (cr5/jpc/fajar)

loading...
Click to comment

The Latest

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!