Ini Sejumlah Alasan Mengapa Catalunya Mengadakan Referendum Kemerdekaan – Fajar Trend
Google Trend

Ini Sejumlah Alasan Mengapa Catalunya Mengadakan Referendum Kemerdekaan

Ilustrasi Referendum Catalunya. - AFP

FAJAR TREND – Sejak dulu, banyak pihak di Catalunya yang enggan menyebut dirinya sebagai warga negara Spanyol dan ingin memerdekakan diri.

Puncaknya, pada referendum yang diselenggarakan pada Minggu (1/10) kemarin. Catalunya memenangkan hak untuk menjadi negara merdeka.

Hasil referendum tersebut cukup menjanjikan. Dari dua juta lebih surat suara yang berhasil diamankan, lebih dari 90% warga menyatakan setuju untuk merdeka.

Namun, kekerasan yang dilakukan pihak kepolisian mewarnai jajak pendapat itu. Menurut pemerintah Catalunya, sekitar 337 orang dilarikan ke rumah sakit.

Lantas, mengapa Catalunya ingin melepaskan diri dari Spanyol? Berikut alasannya, dilansir dari Times of India, Senin (2/10).

1. Negara Kaya

Catalunya merupakan wilayah otonom Spanyol yang memiliki populas 7,5 juta jiwa. Ini merupakan salah satu wilayah termakmur. Catalunya menyumbang seperlima dari pendapatan ekonomi Spanyol senilai 1,1 triliun euro (Rp 17 ribu triliun).

2. Wilayah Otonom

Pemerintah Catalunya memiliki kepolisian sendiri serta diperbolehkan mengatur kebijakan kesehatan dan pendidikan. Namun, bidang utama seperti pajak, urusan luar negeri, pertahanan, pelabuhan, bandara dan perkeretaan sepenuhnya berada di tangan pemerintah pusat.

3. Otonomi Terbatas

Para aktivis kemerdekaan Catalunya tidak senang dengan otonomi terbatas yang diberikan kepada negara mereka. Mereka berpendapat, Catalunya memberikan kontribusi jauh lebih banyak ketimbang apa yang mereka terima dari pemerintah Spanyol.

4. Beda Perlakuan

Menurut para ahli, kurangnya otonomi di bidang ekonomi, membuat banyak warga Catalunya marah. Wilayah itu diwajibkan membayar pajak kepada pemerintah pusat, yang akan dialokasikan pada kesehatan, pendidikan dan infrastruktur publik.

Hal tersebut tak diterapkan pada daerah Basque di utara Spanyol dan Navarra. Kedua wilayah tersebut diperbolehkan memungut serta mengolah pajak secara mandiri.

Penolakan Spanyol untuk memperpanjang hak istimewa perpajakan dan pengalokasian ini telah memicu kemarahan Catalunya.

5. Perbedaan Budaya

Warga Catalunya memiliki perbedaan budaya dengan Spanyol, termasuk tradisi dan bahasa. (riz/fajar)

loading...
Click to comment

The Latest

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!