Ini Pertimbangan Kenaikan Status Waspada ke Siaga Gunung Agung – Fajar Trend
Google Trend

Ini Pertimbangan Kenaikan Status Waspada ke Siaga Gunung Agung

Gunung Agung. - Ist

FAJAR TREND – Sejak Senin (18/9) pukul 21.00 WITA, Pemerintah Provinsi Bali telah menetapkan status Gunung Agung dari level II (Waspada) ke level III (Siaga). Beberapa desa bahkan telah dihujani abu.

Kepala Bidang Mitigasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Gede Suantika, menyebut kenaikan status gunung yang terletak di Kabupaten Karangasem ini berdasarkan pantauan beberapa waktu terakhir.

Menurut penuturannya, status gunung didapat dari hasil analisis data visual dan instrumental serta mempertimbangkan potensi bahaya.

Suantika mengimbau warga tidak beraktivitas di sekitar gunung. Para pendaki, pengunjung, atau wisatawan, dilarang melakukan pendakian dan berkemah di seluruh area sejauh radius enam kilometer (KM) dari kawah. Perluasan sektoral juga dilakukan ke arau Utara, Tenggara dan Selatan Barat Daya Gunung sejauh 7,5 KM.

“Masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan juga diharap untuk tetap tenang namun tetap menjaga kewaspadaan, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Agung yang tidak jelas sumbernya,” ujar Suantika.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi juga terus berkoordinasi dengan BNPB, BPBD Provinsi Bali dan BPBD Kabupaten Karangasem dalam memberikan informasi tentang kegiatan Gunung Agung. (bx/jpnn/riz/fajar)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!