Ngeri… Pesantren Ini Miliki Ruang Penjara Bawah Tanah. Untuk Apa Ya? – Hacked by TryDee
Update

Ngeri… Pesantren Ini Miliki Ruang Penjara Bawah Tanah. Untuk Apa Ya?

Bunker yang diduga penjara bawah tanah di Pondok Pesantren Al Fatah, Bogor

FAJAR TREND – Terowongan bawah tanah di komplek Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fatah Ciomas Bogor didatangi sejumlah peneliti, Jumat (12/5/2017). Diduga, terowongan itu merupakan penjara bawah tanah peninggalan Belanda.

Namun ada pula menyebut terowongan tersebut merupakan bunker tempat penyimpanan benda-benda berharga di zaman pemerintahan Hindia Belanda. Bahkan ada yang menyebut terowongan itu digunakan sebagai tempat bersembunyi.

Beberapa santri Al Fatah Ciomas mencoba menyusuri terowongan tersebut dengan menggunakan senter sambil merekamnya dengan kamera ponsel.

Terowongan tampak sangat sepi. Air di dalam terowongan juga keruh. Ketinggian air dalam terowongan yang terbuat dari batu bata itu mencapai 70 CM. Tinggi terowongan diperkirakan 1,3 meter dengan lebar satu meter.

Para santri menyusuri terowongan itu hingga sampai ke cabang terowongan yang panjangnya diperkirakan 15 meter. Belum diketahui terowongan itu tembus di daerah mana.

Sejarawan Universitas Padjadjaran (Unpad), Kunto Sofianto mengatakan, perlu penelitian komprehensif untuk mengungkap misteri terowongan tersebut.

Kunto menduga, terowongan itu merupakan bunker peninggalan pemerintahan Hindia Belanda.

“Bisa diasumsikan peninggalan Nerderlasindiche atau Hindia Belanda,” imbuh Kunto.

Kendati demikian, untuk membuktikan autentisitas atau keasliannya, perlu didukung penelitian yang melibatkan para arkeolog dan sejarawan.

Kunto menjelaskan, pada zamannya bunker difungsikan sebagai lokasi pelarian. Fungsi lain untuk menyimpan benda berharga para pejabat.

“Karena melihat keamanan, konsep seperti ini diadopsi daratan Eropa, seperti lorong di Yogjakarta atau  Batavia untuk lorong pelarian raja,” ucapnya.

Penemuan terowongan bawah tanah itu bermula saat tukang bangunan menggali tanah di lokasi pembangunan masjid di komplek Ponpes Al Fatah Ciomas.

“Jadi memang itu buat bangun masjid. Ditemukan waktu tukang bangunan menggali buat pondasi masjid,” ujar Warga Ciomas, Adi Warman. (ps/fajar)

loading...

The Latest

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!