Sejajarkan Al Maidah dengan Bengawan Solo, JPU Cecar Saksi Ahli Sidang Ahok – Hacked by TryDee
Google Trend

Sejajarkan Al Maidah dengan Bengawan Solo, JPU Cecar Saksi Ahli Sidang Ahok

sidang ahok

FAJAR TREND – Saksi ahli psikologi sosial, Risa Permana Hadi, yang didatangkan tim penasihat hukum terdakwa kasus penodaan agama, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dianggap menyejajarkan surat Al Maidah 51 dengan lagu Bengawan Solo.

Hal ini lantaran keterangannya dalam sidang lanjutan ke-16 yang digelar di auditorium Kementrian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (29/3).

Menurutnya, ada alasan tersendiri mengapa Ahok mengutip surat tersebut saat berpidato di Pulau Seribu, Jakarta Utara. Kata Risa, Ahok memiliki pengalaman yang merugikan dirinya saat bertarung dalam Pilkada Bangka Belitung 2007 silam.

Sehingga, menurut penuturannya, apabila kala itu Ahok dikalahkan di Pilkada Bangka Belitung menggunakan lagu Bengawan Solo, maka ia yakin, Ahok akan menggunakan kata Bengawan Solo saat pidato di Pulau Seribu saat itu.

“Seandainya pengalaman sebelumnya Pak Basuki maju dipojokkan bukan dengan surah al-Maidah, dengan lagu Bengawan Solo, saya yakin di Kepulaun Seribu ia (Ahok) akan bilang jangan mau dibodohi dengan lagu Bengawan Solo,” ujar Risa.

Mendengar hal itu, Jaksa Penuntut Umum bereaksi dengan mencecar Risa dengan berbagai pertanyaan.

“Apa bisa disejajarkan surah al-Maidah dengan ‘Bengawan Solo’? Padahal dalam konteks ini posisinya seperti apa?” tanya jaksa.

Lantaran masalah agama bukan kapasitasnya, Risa enggan menanggapi pertanyaan jaksa.

“Yang saya terangkan adalah pembentukan nalar dan nalar tersebut adalah sebuah surah al-Maidah seandainya nalar tersebut dibentuk oleh hal lain maka yang akan keluar nanti dari Pak Basuki hal lain itu lah,” lanjutnya. (riz/fajar)

loading...

The Latest

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!