Fakta-fakta Ini Jadi Bukti Naruto Sebenarnya Orang Gresik! Masa Sih? – Fajar Trend
Hiburan

Fakta-fakta Ini Jadi Bukti Naruto Sebenarnya Orang Gresik! Masa Sih?

uzumaki naruto

FAJAR TREND – Siapa yang tak mengenal Naruto? Ya, anime terkenal asal Negeri Sakura, Jepang, ini digandrungi banyak kalangan.

Mulai dari anak-anak kisaran usia Sekolah Dasar, hingga orang dewasa pun banyak yang menyukai Naruto. Bahkan saking fanatiknya, di jejaring sosial Facebook, banyak bertebaran grup-grup komunitas pecinta anime Naruto.

Namun, pernahkah terlintas di benak Anda, asal usul Naruto sebenarnya? Jika dikatakan bahwa Naruto berasal dari Indonesia, kalian percaya? Berikut beberapa spekulasi asal usul Naruto, dilansir dari Pulsk karya mbakkelor.

1. Asal Nama Naruto

Jika Anda pernah mendengar orang Jepang berbicara, pasti terdengar cepat dan ‘belibet’, kan? Contoh simpelnya, restoran menjadi resutoran, dragon menjadi duragon, kantor menjadi kanetor, dan lain-lain.

Maka, dilihat dari pengucapan orang Jepang, nama Naruto sebenarnya berasal dari nama orang Jawa Narto.

Spekulasinya, “Narto” dilafalkan orang Jepang menjadi “Naruto”.

2. Naruto ditulis menggunakan Katakana

Dilansir dari Forums.animesuki.com, nama Naruto ditulis dengan cara Katakana, bisa dilihat pada sampul komik atau banner, mayoritas ditulis dengan Katakana.

Sebagai catatan, Katakana biasa digunakan untuk menulis kata-kata berbahasa Jepang, yang diserap dari bahasa asing.

Hal ini tentu menguatkan spekulasi asal usul nama Naruto di poin pertama tadi. Sebab, Narto tentunya disebut bahasa asing bagi orang-orang Jepang.

3. Naruto Shippuden

Di poin ketiga, kita membahas keterkaitan seri kedua anime Naruto, Naruto Shippuden, dengan nama asli Narto.

Kembali ke poin pertama, pelafalan orang Jepang terhadap bahasa asing ‘belibet’. Restoran menjadi resutoran, dragon menjadi darugon, kantor menjadi kanetor, serta Narto Syaifudin menjadi Naruto Shippuden.

Maka, sepakat bahwa nama asli Narto ialah Narto Syaifudin?

4. Negara tempat tinggal Naruto

Seperti diketahui, tempat tinggal Naruto disebut Negari Api. Negeri Api sendiri adalah negara pertama yang mengadopsi desa Ninja, konohagakure, yang setelahnya diadopsi negara-negara lain.

Sebagai orang Indonesia, tentunya kita tahu bahwa Bumi Pertiwi ini dinobatkan sebagai salah satu negara yang memiliki gunung api terbanyak di dunia. Jumlahnya tak tanggung-tanggung, ada 138!

Fakta lainnya, api menyebabkan panas. Panas bumi atau geothermal terbesar dunia ada di Indonesia. Hal ini senada dengan pernyataan General Manager PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Lahendong, Minahasa, Salvius Patangke, dilansir Sindonews.com.

Jadi, Naruto bisa dikatakan tinggal di Indonesia, ya?

5. Desa Konohagakure ada di Jawa Timur

Siapa sih yang tidak mengenal desa tempat Naruto tinggal? Ya, Desa Konohagakure. Dilansir dari Naruto.wikipedia.com, Desa Konohagakure secara harfiah berarti Desa Daun Tersembunyi.

Di Indonesia, juga ada Desa Daun, letaknya di Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Bahkan situs Id.wikipedia.org sendiri menyebut, konon Desa Daun jadi inspirasi Masashi Kishimoto dalam membuat Desa Konohagakure.

6. Motif jubah Akatsuki

Jika Anda suka menonton Naruto, pasti Anda juga mengenal Akatsuki yang menjadi musuh bebuyutan para shinobi. Kenal Akatsuki, pasti juga tahu motif jubahnya.

Tahukah Anda bahwa ada motif batik Indonesia yang memliki kesamaan dengan motif jubah Akatsuki? Ya, motif batik Cirebon.

7. Hokage Ketiga Profesor Sarutobi

Sebutan profesor bagi Hokage Ketiga bukan tanpa alasan. Pasalnya, Hokage bernama asli Hiruzen Sarutobi itu bisa menggunakan banyak jutsu di dunia ninja.

Jika Hokage disamakan dengan Presiden Indonesia, maka ada kesamaan antara Sarutobi dengan Presiden ketiga Indonesia B.J. Habibie. Kesamaannya adalah gelar profesor yang sama-sama diperoleh keduanya.

8. Jurus di Naruto = Ajian di Indonesia

Kage Bunshin No Jutsu milik Naruto memiliki kesamaan dengan ajian Jawa Kuno Rogo Sukmo yang sama-sama dapat menggandakan diri.

Hakkeshou Kaiten milik Hyuga Neji memiliki kesamaan dengan ajian Jawa kuno Brajamusti yang sama-sama memiliki kemampuan pertahanan diri.

Mugen Tsuyokomi milik Madara memiliki kesamaan dengan ajian Jawa Kuno Komara Geni yang sama-sama dapat mengendalikan orang lain.

Amaterasu milik Uchiha bersaudara, Itachi dan Sasuke, memiliki kesamaan dengan ajian Jawa Kuno Komara Geni yang sama-sama digunakan untuk membakar musuh. (riz/fajar)

loading...

The Latest

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!