Penerimaan Polri Telah Dibuka, Begini Mekanisme Pendaftarannya – Hacked by TryDee
Google Trend

Penerimaan Polri Telah Dibuka, Begini Mekanisme Pendaftarannya

salah satu kegiatan taruna di akademi kepolisian - polri

FAJAR TREND – Kepolisian Negara Republik Indonesia, kembali membuka penerimaan calon anggota Polri melalui laman penerimaan.polri.go.id, terhitung mulai hari ini, Selasa (14/3), 15 April mendatang.

Laman penerimaan Polri akan membuka pendaftaran Taruna Akpol, Bintara, Tamtama, Bintara TI, dan Bintara Musik. Namun untuk pendaftaran Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS), sudah ditutup sejak 28 Februari lalu.

Mekanisme penerimaan beragam, tergantung bidang apa yang nantinya akan dipilih. Namun umumnya, cara mendaftarnya sebagai berikut, dikutip dari laman penerimaan.polri.go.id.

Langkah pertama, calon taruna diharuskan mendaftar melalui website penerimaan.go.id, dengan mengisi form registrasi.

Jangan lupa mencatat nomor registrasi dan password yang didapatkan setelah mengisi data diri, untuk melakukan login serta melakukan perubahan data.

Kemudian setelah data yang dicantumkan sudah final, calon taruna diharuskan mencetak biodata, yang nantinya akan digunakan untuk verifikasi di Panitia Bantuan Penerimaan (Panbanrim) di Kepolisian Resor dan Kepolisian Daerah tempat mendaftar.

Saat verifikasi itu, calon pendaftar juga diharuskan mengucap serta menandatangani Pakta Integritas.

Selanjutnya, Panbarim akan melakukan pemeriksaan administrasi perihal kelengkapan dokumen calon pendaftar.

Bagi calon taruna yang lolos seleksi administrasi, kemudian akan melakukan serangkaian tes seperti pemeriksaan kesehatan sebanyak dua tahap, pemeriksaan psikologi, uji akademik, uji kemampuan jasmani dan Anthropometri, pemeriksaan penampilan, serta pemeriksaan penelusuran mental kepribadian dan pemeriksaan administrasi akhir.

Lalu, calon taruna yang telah menyelesaikan serangkaian tes, akan disidang pada tahap sidang lulus sementara akhir.

Nantinya, supervisi dari pusat akan melakukan kunjungan untuk melakukan pengecekan terhadap data-data administrasi calon taruna yang telah disidang.

Tahap akhir ialah sidang penetapan kelulusan akhir. Para calon taruna yang telah melewati tahap ini, dinyatakan lulus seleksi dan berhak untuk mengikuti pendidikan Akpol, Bintara, serta Tamtama. (riz/fajar)

loading...

The Latest

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!