Intensitas Gempa Meningkat, BMKG Utus Ahli Geofisika ke Gunung Sinabung – Fajar Trend
Google Trend

Intensitas Gempa Meningkat, BMKG Utus Ahli Geofisika ke Gunung Sinabung

Erupsi Gunung Sinabung - JPNN.com

FAJAR TREND – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, mengirim tim ahli geofisika ke gunung sinabung, untuk menyelidiki lokasi gempa yang intensitasnya cukup tinggi selama sebulan terakhir.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan, mengatakan survei ke lokasi gempa tersebut dilakukan untuk mendapatkan data akurat, agar penyebab-penyebab getaran yang terjadi selama ini dapat dianalisa dan dipastikan.

“Walaupun selama ini kita tahu itu sering terjadi akibat sesar yang banyak di sana,” ujar Syahnan seperti dilansir Sumut Pos (Jawa Pos Group), Kamis (16/2).

Dengan survei ini dapat memberikan titik terang tentang apa yang menjadi penyebab getaran belakangan ini. Menurut Syahnan, selama ini pihaknya telah mengirim tim geofisika ke titik gempa pada 16 Januari dan 17 Januari 2017 lalu.

Namun data yang didapatkan masih belum lengkap sehingga pihaknya kembali mengirimkan  tim.

“Tim survei tidak hanya melakukan operasional peralatan tetapi juga turut memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang gempa bumi,” ujarnya.

BMKG menyebut untuk mendapatkan hasil data yang akurat dari survei ini dibutuhkan waktu minimal dua minggu.

“Nantinya harus dianalisa dulu kemudian dipresentasikan sehingga mendapatkan hasil yang maksimal,” imbuh dia.

Syahnan juga membantah rumor penyebab gempa akibat adanya patahan baru di antara Gunung Sinabung dengan Danau Toba.

“Satu hal yang harus kita pahami bahwa, aktivitas gempa bumi Deliserdang akhir-akhir ini murni akibat aktivitas tektonik dan tidak ada ciri-ciri yang menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu aktivitas vulkanik,” jelasnya. (JPG/fajar)

loading...

The Latest

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!