Lestarikan Spesies, Tim Peneliti di Belanda Kembangkan Aplikasi Pencari Jodoh untuk Monyet – Fajar Trend
Unik dan Seru

Lestarikan Spesies, Tim Peneliti di Belanda Kembangkan Aplikasi Pencari Jodoh untuk Monyet

FAJAR TREND – Monyet memang dianggap sebagian orang sebagai saudara dekat manusia. Bahkan hingga saat ini, monyet pun dianggap sebagai nenek moyang umat manusia.

Sepertinya, hal tersebut dibenarkan. Pasalnya, tidak hanya manusia yang butuh jodoh, monyet pun juga.

Tim peneliti dari Leiden University dan Kebun Primata Apenheul, Apeldoorn, Belanda, tengah mengembangkan aplikasi pencarian jodoh untuk orang utan bonobo, jenis simpanse kecil.

Cara pakainya mirip aplikasi perjodohan, Tinder. Tinggal geser kalau tidak cocok. Kalau kelihatan oke dan menjanjikan, tinggal tekan tombol.

’’Setelah mereka melihat foto, kami bakal melihat perubahan ekspresinya. Apakah tetap atau agresif,’’ kata salah seorang peneliti sebagaimana dikutip media lokal De Stentor.

Apps perjodohan khusus monyet dan sebangsanya itu mengemban misi mulia. Yakni, membantu program perkembangbiakan satwa yang terancam langka tersebut.

’’Kami bisa menunjukkan calon jodoh sebelum mereka dikirim ke Belanda,’’ ujarnya.

Namanya juga binatang. Saat mengetahui foto sang calon jodoh yang cocok, reaksi mereka aneh. Beberapa bonobo menunjuk layar berkali-kali. Ada juga yang seolah-olah menyisir dan mencari kutu.

Menurut tim peneliti, dua respons tersebut merupakan tanda cinta. Samboja, salah satu orang utan betina, merusak tablet tim peneliti karena terlalu keras saat menekan tombol. Bisa jadi itulah reaksi gemes melihat calon jodoh yang superganteng. (Fajar/JPNN)

loading...

The Latest

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!