Terkait Penghinaan Pancasila Oleh Australia, Fadli Zon Nyatakan Sikapnya – Fajar Trend
Google Trend

Terkait Penghinaan Pancasila Oleh Australia, Fadli Zon Nyatakan Sikapnya

FAJAR TREND – Wakil Ketua DPR RI dan politikus Partai Gerindra, Fadli Zon, menyatakan sikapnya atas dugaan penghinaan Pancaila yang dilakukan Australian Defense Force (ADF).

Fadli mendukung keputusan penangguhan kerja sama militer Indonesia dan Australia yang diambil Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Namun terkait penghinaan terhadap Pancasila, politikus Gerindra ini meminta pemerintah bersikap. “Jika terbukti benar, maka harus ada pernyataan resmi pemerintah Indonesia untuk meminta keterangan dan penjelasan kepada pemerintah Australia. Sebab hal ini, telah menyangkut ideologi dasar negara,” kata Fadli, Kamis (5/1).

Langkah tersebut menurutnya penting dilakukan pemerintah agar terbangun mutual trust dalam kerja sama Indonesia-Australia. Sebab, hubungan bilateral yang baik, tak hanya didasarkan unsur saling menguntungkan, tapi juga kesetaraan dan saling percaya.

Pimpinan dewan yang membidangi Polhukam ini berharap kerja sama militer Indonesia-Australia bisa kembali berjalan baik. Hubungan kerja sama kedua negara memang strategis dan harus stabil.

“Dengan letak geografis berdekatan, kedua negara sama-sama memiliki tantangan keamanan yang tak mudah dan butuh kerjasama kuat, seperti melawan terorisme, human trafficking, keamanan maritim, dan ancaman keamanan kawasan lainnya,” tambah Waketum Gerindra ini. (fajar/jpnn)

loading...

The Latest

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!