Astaga! Lantaran Makan Cabai Setan, Kerongkongan Pria Ini Robek! – Fajar Trend
Kesehatan

Astaga! Lantaran Makan Cabai Setan, Kerongkongan Pria Ini Robek!

ASIT K. GHOSH/WIKI

FAJAR TREND – Kontes makan bukanlah hal baru di dunia. Namun berkat internet, kini semakin banyak orang yang merekam diri mereka sendiri ketika memakan makanan super pedas, sehingga seluruh orang di dunia dapat menikmati reaksi mereka.

Meski begitu, laporan terbaru dalam Jurnal Pengobatan Darurat mungkin membuat para pencari perhatian lewat memakan cabai berpikir dua kali sebelum melakukannya.

Seorang pria berusia 47 tahun memakan ‘cabai setan’ dalam sebuah kontes makan. Dalam skala Scoville, skala kepedasan cabai, sebuah ‘cabai setan’, atau yang juga dikenal dengan Bhut Jolokia, berukuran 1,000,000 skala Scoville, dan 400 kali lebih pedas ketimbang saus Tabasco. Perbandingannya, cabai Jalapeno hanya berukuran 3,500 skala Scoville.

Pria itu memakan cabai yang sudah dihaluskan sebelumnya, disiramkan di atas sebuah burger, dan segera setelah meneyelsaikan makannya, ia mulai merasakan mual dan muntah-mutah, bersama dengan gejolak hebat di perutnya dan rasa sakit di dadanya.

Ia lalu dilarikan ke rumah sakit terdekat dan, saat petugas medis menyelidiki penyebab rasa sakit yang dideritanya, ia didiagnosa mengidap sindrom Boerhaave atau robek di bagian kerongkongan.

“Pasien diintubasi dan langsung dibawa ke ruang operasi,” seperti yang tertulis di laporan jurnal, “Di mana ia tercatat mengalami sobekan sepanjang 2,5 cm di kerongkongannya, dengan pengumpulan cairan di bagian mediastis, termasuk sisa-sisa makanan, mengalami pneumothorax di bagian paru-paru sebelah kiri.”

“Intubasi dicabut pada hari ke 14 pasien dirawat, dan sudah diperbolehkan pulang ke rumah pada hari ke-23 dengan kerongkongan buatan ditanam di lehernya.”

Sindrom Boerhaave memiliki tingkat kematian yang tinggi, dan pria tersebut beruntung dapat selamat. Kasus ini dideskripsikan sebagai “pengingat penting dilakukannya pembedahan dan berptoensi mengancam jiwa setelah memakan makanan pedas yang berlebihan.” (m2/fajar)

loading...

The Latest

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!