Hey ladies, Ternyata Kurang Tidur Bisa Bikin Gemuk loh – Fajar Trend
Gaya Hidup

Hey ladies, Ternyata Kurang Tidur Bisa Bikin Gemuk loh

FAJAR BEAUTY – Mungkin kita tidak pernah menyangka, jika kurangnya tidur bisa membuat tubuh menjadi gemuk, sebagian berfikir justru membuat tubuh menjadi kurus.

ternyata Menurut jurnal obesitas, kurang tidur mengakibatkan rasa lelah yang memicu rasa lapar. Selain itu, rasa lelah karena kurang tidur membuat seseorang bermasalah dengan berat badan dan stres.

Dampaknya adalah gangguan keseimbangan leptin atau hormon yang bertugas mengatur rasa lapar. Seseorang yang tidur hanya lima jam per hari cenderung gemuk bila dibandingkan dengan mereka yang tidur delapan jam setiap hari.

Ahli gizi Rhiannon Lambert menuturkan, rasa lelah lantaran kurang tidur bisa menambah nafsu terhadap makanan yang mengandung lebih banyak gula dan karbohidrat.

”Karena butuh energi secepatnya,” ujar ahli gizi dari Rhitrition.com tersebut.

Selain itu, makan karbohidrat pada malam hari mendorong nafsu makan meningkat. Sebab, karbohidrat mengandung banyak glukosa yang membuat ketagihan. Karena itu, ketika bangun pada pagi hari, Anda ingin segera makan.

Untuk menghindari bangun dengan rasa ekstralapar, para ahli menganjurkan makan makanan yang kandungannya lebih kompleks sebelum tidur. Misalnya, roti gandum atau beras merah.

Hal lain yang membangkitkan nafsu makan adalah mengonsumsi alkohol. Berdasar penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal, alkohol dapat menurunkan kadar hormon leptin sehingga seseorang bisa lebih cepat lapar. (dailymail/ina/c14/jan)

FAJAR Beauty

loading...

The Latest

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!