Oh, Ternyata Begini Penjelasan Kondisi Setya Novanto di Rumah Sakit – FAJAR Trend
Google Trend

Oh, Ternyata Begini Penjelasan Kondisi Setya Novanto di Rumah Sakit

FAJAR TREND – Beredarnya foto Setya Novanto yang terbaring lemas di RS Premier, Jatinegara menjadi gunjingan. Ada yang tidak yakin, Novanto benar-benar dirawat.

Apalagi, alat EKG alias elektrokardiogram menunjukkan garis datar. Anggota Komisi III DPR Endang Srikarti yang difoto bersama Setya Novanto memberikan penjelasan.

Kepada JawaPos.com, Endang mengatakan foto dia bersama Novanto bukan diambil Rabu (27/9) atau di hari yang sama dengan beredarnya gambar itu. Melainkan, sudah semingguan atau pada 21 September. ’’Foto sudah beberapa hari yang lalu. Sebelum 1 Sura ya,” ujarnya, Rabu (27/9).

Endang mengaku, saat itu dia menjenguk usai Ketua Umum Partai Golkar itu melakukan operasi di RS Premier, Jatinegara. Itulah kenapa, kondisinya Novanto terlihat masih lemas. “Itu habis operasi, itu di ICU,” katanya.

Saat disinggung mengenai EKG yang berjalan datar, Endang mengaku tidak mengetahuinya. Dia juga tidak bisa tanya-tanya karena Novanto belum diizinkan banyak bicara.

“Wah saya enggak mengerti mengenai medis ya, mungkin habis operasi diwajibkan istirahat dan tidak boleh ngomong. Saya juga hanya boleh jenguk sebentar enggak boleh ngomong,” ungkapnya.

Begitu juga mengenai alat-alat yang terpasang untuk Novanto, Endang mengaku tidak mengetahuinya. Alasannya, dirinya bukanlah dokter. “Enggak tahu, ya pokoknya ada itu,” imbuh Endang.

Namun demikian, dia berharap semoga Novanto bisa kembali sehat dan pulih. “Minta doanya ya, mohon doa semoga baik-baik saja,” pungkasnya.

Sekadar informasi, dalam foto tersebut Setya Novanto tampak sedang memejamkan mata dengan selang infus di tangan kanannya. Sedangkan tangan kiri, dia memegang tasbih. Novanto mengenakan pakaian putih saat dijenguk kader Golkar Endang Srikarti Handayani.

Di foto itu terlihat Endang terlihat ingin mencoba berbicara dengan Novanto. Dalam foto itu, Novanto terbaring lemas dengan setengah tubuhnya tertutup selimut.

S‎aat dikonfirmasi, Ketua Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Roem Kono‎ mengatakan, kondisi Setya Novanto memang dalam kondisi sakit dan lemas. Sehingga perlu mendapatkan perwatan intensif.

“Ya memang dia sedang sakit sebenarnya, jadi perlu adanya perawatan dari dokter,” ujar Roem kepada JawaPos.com, Rabu (27/9).

Sementara Ketua Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Partai Golkar, Yorrys Raweyai mengaku sudah mengetahui foto tersebut.

“Iya sudah liat foto itu, sudah kesebar juga,” kata Yorrys.

Sementara, mengenai itu kondisi terkini dari Setya Novanto, Yorrys mengaku tidak mengetahuinya. Pasalnya sampai dengan saat ini dirinya belum sempat untuk menjenguk koleganya tersebut.

“Saya belum tahu kondisi Novanto, saya belum nengokin soalnya,” ungkapnya.

Sekadar informasi, Ketua DPP Partai Golkar Nurul Arifin mengatakan, Novanto diketahui masuk rumah sakit setelah tumbang saat bermain tenis meja di rumahnya pada Minggu (10/9). Dia bahkan sempat jatuh pingsan sehingga dibawa ke RS Siloam, Semanggi.

Awalnya, dokter menduga Ketua Umum Partai Golkar itu hanya mengalami vertigo. Belakangan disebutkan, ada beberapa penyakit yang menyerang Novanto seperti ada plak di jantungnya sehingga harus dilakukan operasi. (cr2/JPC)

loading...
Click to comment

The Latest

To Top