BMKG Surabaya Bantah Keluarkan Pernyataan Terkait Aktivitas Gunung Agung – FAJAR Trend
Google Trend

BMKG Surabaya Bantah Keluarkan Pernyataan Terkait Aktivitas Gunung Agung

Gunung Agung

FAJAR TREND – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, Surabaya, membantah kabar yang saat ini beredar di media sosial, terkait aktivitas Gunung Agung, Bali.

Kepala Stasiun BMKG Juanda, Surabaya, Agus Wahyu Raharjo, menegaskan pihakya tidak mengeluarkan pernyataan apapun terkait letusan Gunung Agung di media sosial.

Menurut Agus, BMKG Juanda Surabaya tidak memiliki wewenang untuk mengeluarkan pernyataan terkait Gunung Agung.

“BMKG Juanda tidak pernah mengeluarkan informasi tentang waktu dan besar letusan Gunung Agung di Bali serta gunung api lainnya. Karena hal tersebut bukan menjadi tugas dan kewenangan BMKG Juanda Surabaya,” ujar Agus melalui keterangan resmi, Senin (25/9).

Agus menambahkan BMKG Juanda hanya memberikan informasi yang berkaitan dengan aktivitas penerbangan Bandara Juanda, Surabaya.

“Segala informasi yang dikeluarkan BMKG Juanda Surabaya akan disampaikan secara resmi dan disampaikan kepada para pemangku kepentingan terkait,” lanjutnya.

Kabar hoaks soal letusan Gunung Agung, Bali, tersebar melalui media sosial. Kabar tersebut menyebutk, debu vulkanis tebal diperkirakan akan mengarah ke Surabaya, Jawa Timur.

Berikut bunyinya:

Diperkirakan Gunung Agung meletus malam ini. Dan arah angin ke Barat. Ke arah Surabaya. Yang di Surabaya dan sekitarnya bisa siapkan masker. Karena debu vulkanis akan sampai Surabaya dan merujuk letusan tahun 1963, debu sangat tebal bahkan saat siang matahari tidak tampak, tertutup debu vulkanik. Hati-hati, status 4 Awas, gunung Agung di Bali hanya tinggal meletusnya, informasi dari BMKG Juanda, berhati-hati lah jika dalam perjalanan menuju kearah timur di Jawa Timur, karena dalam perkiraan instansi yang berwenang mengabarkan, jika Gunung Agung dalam waktu dekat ini akan meletus hebat seperti pada tahun 1963, yang abunya bisa mencapai kota surabaya, tebaran abu paling tebal dan menghambat jalan raya antara Banyuwangi-Jember-Bondowoso-Situbondo-Lumajang sampai ke arah Probolinggo, hati-hati bagi semua pengendara kendaraan bermotor, tetap waspada sambil mendengarkan berita kelanjutannya. (riz/fajar)

loading...
Click to comment

The Latest

To Top