Sejak Gunung Agung Berstatus Waspada, Masyarakat Sudah Jual Habis Ternak – FAJAR Trend
Google Trend

Sejak Gunung Agung Berstatus Waspada, Masyarakat Sudah Jual Habis Ternak

Gunung Agung. - Ist

FAJAR TREND – Aktivitas vulkanis Gunung Agung di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, meningkat sejak beberapa waktu belakangan. Statusnya kini menanjak dari level II atau Waspada, ke level III atau Siaga.

Sejumlah warga yang tinggal di sekitar gunung mulai panik. Bahkan, sampai ada yang menjual habis ternak mereka dan menarik dana dari Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Provinsi Bali.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali, Dewa Made Indra, menyatakan masyarakat tidak usah panik.

“Kami mengakui, memang ada informasi yang simpang siur membuat kepanikan masyarakat. Memang ini disebabkan kurangnya sosialisasi,” jelas Made Indra, seperti dikutip dari Bali Express, Selasa (19/9).

Made menambahkan, penjualan hewan ternak tidak semestinya terjadi. Sebab menurutnya, status Waspada Gunung Agung berlaku bagi radius sejauh tiga kilometer (KM) dari kawah. “Jika sejah tiga KM tidak ada pemukiman, artinya tidak perlu ada evakuasi warga,” sambungnya.

Made pun mengimbau masyarakat untuk tenang, sebab akan ada langkah-langkah terukur untuk melakukan evakuasi jika terdapat peningkatan pada aktivitas gunung. (be/jpnn/riz/fajar)

loading...
Click to comment

The Latest

To Top