Selena Gomez Sampai Harus Transplantasi Ginjal, Apa Sih Penyakit Lupus Itu? – FAJAR Trend
Google Trend

Selena Gomez Sampai Harus Transplantasi Ginjal, Apa Sih Penyakit Lupus Itu?

gejala yang ditimbulkan penyakit lupus - ist

FAJAR TREND – Kata “penyakit lupus” tiba-tiba menduduki urutan kedua daftar kata kunci paling dicari warganet Indonesia di kolom pencarian Google, Jumat (15/9).

Hal tersebut lantaran penyanyi asal Amerika Serikat, Selena Gomez, baru saja melewati rangkaian operasi transpantasi ginjal untuk mengobati penyakit lupus yang dideritanya.

Namun, apa penyakit lupus itu?

Dilansir dari Alodokter, lupus merupakan penyakit inflamasi kronis yang disebabkan oleh kekeliruan sistem kekebalan tubuh sehingga mulai menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri.

Inflamasi akibat lupus biasanya menyerang beberapa organ tubuh, seperti kulit, sendi, sel darah, paru-paru, dan jantung.

Gejala lupus beragam dan mirip dengan penyakit lain, sehingga sulit didagnosis tim dokter, namun, tenang, penyakit ini tidak menular.

Gejala umum penyakit autoimun itu di antaranya ruam yang muncul di kulit, kelelahan, sakit, dan pembengkakan pada sendi.

Lupus diyakini menjangkit sekitar lima juta jiwa masyarakat dunia. Biasanya, wanita usia 15-50 tahun yang kerap menjadi sasaran penyakit ini.

Menurut data Yayasan Lupus Indonesia (YLI), pada 2012 lalu, jumlah penderita lupus di Indonesia mencapai 12.700 jiwa. Jumlah ini meningkat hingga 13.300 juwa di tahun berikutnya. (riz/fajar)

loading...
Click to comment

The Latest

To Top