Berkesempatan #MudikPenuhPesona di Sumbawa, Ini 10 Titik Wajib Dikunjungi – FAJAR Trend
Travel

Berkesempatan #MudikPenuhPesona di Sumbawa, Ini 10 Titik Wajib Dikunjungi

SUMBAWA – Menyeberang ke sebelah timur Pulau Lombok terdapat sebuah pulau yang tak kalah kaya dalam menyimpan potensi wisata. Namanya Pulau Sumbawa, pulau yang terbagi atas 4 kabupaten dan 2 kota ini memang juaranya dalam menerbitkan tujuan wisata yang mendunia. Salah satu daerah yang menjadi tujuan wisata di pulau ini adalah kabupaten Sumbawa.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebutkan, Kabupaten Sumbawa yang terletak di antara kabupaten Sumbawa Barat dan kabupaten Dompu memiliki destinasi dan atraksi kelas dunia. Tokoh-tokoh dunia juga pernah datang ke destinasi yang ada di Sumbawa.

“Popularitas Pulau Moyo juga mendunia. Di pulau ini beberapa nama tokoh dunia yang terkenal semisal mendiang Lady Diana, Penyanyi Mick Jagger, hingga mantan pesepakbola yang pernah membela Manchester United, David Beckham dan Edwin van Der Sar pernah menghabiskan liburannya di sana,” ucap Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta.

Arief Yahya juga mengingatkan, bagi para wisatawan yang sedang libur Lebaran, #MudikPenuhPesona ke sana, silakan posting foto-foto seru selama liburan di sana! Kasih hastag #MudikPenuhPesona, #PesonaceriitaMudik dan jika mendapati destinasi baru selama perjalanan, silakan pergunakan hastag #WisataJalurMudik. Indonesia terlalu luas untuk berwisata yang berkelas dunia, di Sumbawa yang berdekatan dengan Bali juga memiliki destinasi kelas dunia. Berikut 10 Destinasinya:
1. Pulau Moyo
Di dalam pulau Moyo, yang namanya masih sedikit asing di telinga warga Indonesia ini berdiri sebuah resort mewah bernama Amanwana Resort yang tarif menginap per malamnya bisa untuk liburan keliling Jawa. Pulau ini menawarkan banyak sekali pilihan tempat berlibur seru baik di darat hingga di laut. Kegiatan outdoor menjadi pilihan utama saat liburan di pulau yang termasuk ke dalam wilayah kabupaten Sumbawa ini.

2. Air Terjun Mata Jitu
Beberapa pilihan tujuan wisata yang ada di pulau Moyo adalah destinasi air terjun, dan air terjun yang paling terkenal adalah Air Terjun Mata Jitu. Air terjun ini terletak di tengah hutan Pulau Moyo yang berada di administratif dusun Oiramu, desa Labuhan Aji, kecamatan Labuhan Badas, kabupaten Sumbawa. Kebersihan kola Air Terjun Mata Jitu sangat diperhatikan sehingga traveler tidak boleh sembarang mandi di kolamnya. Ada pemandian khusus yang telah disediakan untuk pengunjung yang mau bermain air.

3. Pantai Ai Manis
Masih berada di sebuah pulau yang terletak di mulut Teluk Saleh di utara Pulau Sumbawa yaitu Pulau Moyo. Selain punya air terjun yang mempesona pulau ini juga memikat lewat pantai-pantainya yang indah. Salah satu yang wajib traveler kunjungi adalah Pantai Ai Manis yang dikenal memiliki taman bawah laut yang masih terjaga kelestariannya. Pantai ini belum seramai pantai-pantai yang ada di Lombok atau Bali sehingga traveler yang berkunjung bisa puas menikmati suguhan alam yang disajikan pantai ini. Nikmati pantai ini dengan cara kemping, snorkeling hingga diving jika mau puas menjelajahi setiap sudut Pantai Ai Manis.

4. Gili Keramat dan Gili Bedil
Kalau sedang liburan ke kabupaten Sumbawa jangan lupa memasukkan duo Gili Keramat dan Gili Bedil ke dalam tujuan kunjunganmu. Dua pulau mungil ini sedang naik daun yang keindahannya bisa mengimbangi Tiga Gili di pulau Lombok. Kedua gili ini terdapat di wilayah desa Labuhan Padi, kecamatan Utan, kabupaten Sumbawa. Rugi jika jauh-jauh datang ke Sumbawa tanpa menyelami keindahan taman laut Gili Bedil dan Gili Keramat. Apalagi dua pulau ini sedang naik daun namanya dan menjadi salah satu tujuan wisata yang paling banyak diburu.

5. Air Terjun Agal
Beralih ke kecamatan Alas yang berjarak hanya 23 kilometer dari pelabuhan Poto Tano di Sumbawa Barat. Di dalam kecamatan ini ada satu lokasi wisata yang tidak boleh traveler lewatkan yaitu air terjun Agal. Air terjun ini berada di punggung gunung yang punya nama sama dengan air terjun dan butuh waktu trekking selama 2 jam untuk bisa menemukan rupa cantiknya. Air terjun ini memang belum dikembangkan sebagai tujuan wisata sehingga suasana alami dan menyatu dengan alam sangat kental terasa saat berada di bawah terjunan airnya.

6. Situs Aik Renung
Selain menawarkan lanskap alamnya yang indah, kabupaten Sumbawa ternyata juga menyimpan peninggalan bersejarah dalam bentuk sarkofagus alias kubur batu. Nama situs yang juga menjadi situs arkeologi pertama di kabupaten Sumbawa ini adalah Situs Aik Renung. Di kawasan situs ini ditemukan sebanyak 7 sarkofagus. Pada dinding sarkofagus atau kubur batu ini terdapat banyak ukiran yang menggambarkan topeng, biawak dan sosok perempuan dalam berbagai posisi. Ornamen tersebut sama dengan ornamen yang diukir pada sarkofagus yang ditemukan di daerah lain seperti Besuki, Sulawesi, Sumba dan Bali.

7. Pulau Bungin
Pulau Bungin yang terletak di kecamatan Alas sekitar 70 km dari kota Sumbawa Besar ini dinobatkan sebagai pulau terpadat di dunia yang dihuni sebanyak lebih dari 14 ribu jiwa per kilometer persegi. Jika dilihat dari angkasa wilayah pulau ini hanya berisi bangunan yang tak menyisakan ruang terbuka bahkan sekedar untuk tumbuh pepohonan. Uniknya meski berada di wilayah Sumbawa mayoritas penduduk yang tinggal di pulau ini adalah suku Bugis dan Mandar dari Sulawesi. Pokoknya jangan lewatkan deh pulau ini untuk dikunjungi dan buktikan sendiri keunikannya.

8. Istana Tua Dalam Loka
Banyak rumah panggung yang ditemui di dunia namun jika membicarakan masalah ukuran maka Istana Tua Dalam Loka adalah rumah panggung yang terbesar di muka bumi. Istana Tua Dalam Loka terletak di pusat kota Sumbawa Besar atau berada di kelurahan Seketeng. Bangunan ini menyimpan sejarah panjang mengenai pembentukan wilayah Sumbawa dimana pembangunannya dilakukan pada tahun 1883-1931 saat Sumbawa di bawah kepemimpinan Sultan Muhammad Syah III. Saat itu rumah panggung ini menjadi istana kerajaan. Untuk berkeliling dan mengenal bagian-bagian di dalam Istana Tua Dalam Loka traveler akan didampingi oleh guide berpengalaman.

9. Pantai Kencana
Mau santai di pantai? Kunjungi Pantai Kencana yang berjarak 11 kilometer dari pusat kota Sumbawa Besar. Secara fisik pantai ini punya karakteristik seperti teluk yang melengkung. Pada masing-masing ujung lengkungan memiliki karakter yang berbeda, di ujung kiri hanya berbentuk rimbunan pohon dengan pasir putih yang menawan. Sedang pada ujung lengkungan sebelah kanan berupa gugusan karang yang begitu gagah. Ombak dipantai ini sangat tenang dan airnya jernih menjamin siapa saja yang berkunjung tidak akan betah berlama-lama di darat. Pinginnya sampai di pantai langsung nyebur saja!

10. Teluk Saleh
Mungkin akan menjadi sebuah ulasan wisata yang sangat panjang sekali jika Travelingyuk menyebutkan satu per satu pulau-pulau kecil di kabupaten Sumbawa. Yang pasti pulau-pulau tropis di kabupaten ini sebagian besar berkumpul di perairan Teluk Saleh.  Di tengah teluk ini banyak dijumpai pulau kecil yang kerap dijadikan tujuan island hopping. Teluk ini pula menyimpan kekayaan alam bawah laut yang luar biasa baik untuk kepentingan wisata hingga sumberdaya ikannya yang telah diekspor ke berbagai belahan dunia.(*)

loading...
Click to comment

The Latest

To Top