Jangan Anggap Remeh, Ternyata Begini Cara Polusi Udara Membahayakan Tubuh – FAJAR Trend
Kesehatan

Jangan Anggap Remeh, Ternyata Begini Cara Polusi Udara Membahayakan Tubuh

ilustrasi asap knalpot

FAJAR TREND – Menghirup udara segar sebenarnya tidak sesehat yang Anda duga.

Polusi yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor ataupun pabrik selalu menjadi momok menakutkan di kota-kota besar, seperti Jakarta.

Penelitian terbaru di Inggris menyebut setidaknya terjadi 40 ribu kematian per tahun akibat polusi udara.

“Selama waktu yang singkat, tingkat polusi yang tinggi dapat merusak lapisan paru-paru,” ujar Stephen Spiro, profesor kehormatan pengobatan pernapasan University College Hospital, London, dilansir dari Mail Online, Selasa (30/5).

Lapisan paru-paru yang rusak, menurut Profesor Spiro, dapat menyebabkan batuk dan sesak napas.

Spiro menambahkan, polusi udara juga meningkatkan risiko stroke dan kanker.

Menurut ahli kimia atmosfir University of York, Profesor Alastair Lewis, sekitar sepertiga dari polusi udara di muka bumi berasal dari transportasi.

Polusi, menurut Lewis, sebagian besar terdiri dari nitrogen dioksida (berasal dari asap knalpot), dan partikel halus yang dikenal sebagai partikulat (partikel buangan saat ban kendaraan bergesekkan dengan aspal).

“Berbeda dengan pabrik, kendaraan bermotor ada di mana-mana dan dekat dengan kehidupan manusia,” ujar Lewis.

Tak hanya itu, polusi udara ternyata juga menyebabkan gangguan tidur.

Sebuah studi yang dipresentasikan di Konferensi Masyarakat Thoraric Amerika bulan ini, membuktikan sebanyak 60% partisipan penelitian yang tinggal di kota besar, menderita kekuarangan tidur dibanding mereka yang tinggal di daerah dengan tingkat polusi rendah.

“Hidung, sinus, dan bagian belakang tenggorokan bisa terjangkit iritasi akibat poluso udara, sehingga bisa menyebabkan gangguan tidur,” ujar pimpinan penelitian Profesor Martha Billings, dari University of Washington. (riz/fajar)

loading...
Click to comment

The Latest

To Top