Uang Donasi Dipakai Cak Budi Beli Fortuner, Kitabisa.com Angkat Suara – FAJAR Trend
Google Trend

Uang Donasi Dipakai Cak Budi Beli Fortuner, Kitabisa.com Angkat Suara

bunyi klarifikasi cak budi melalui instagram pribadinya @cakbudi_

FAJAR TREND – Nama Cak Budi beberapa waktu terakhir viral di jagat dunia maya, lantaran disinyalir menyelewengkan uang donasi.

Cak Budi diketahui membeli satu unit iPhone 7 serta sebuah mobil Toyota Fortuner, yang semuanya dibiayai dengan uang donasi.

Hal tersebut, menurut Cak Budi, diakuinya untuk memudahkan proses penyaluran donasi.

Menanggapi pemberitaan yang tengah berkembang, Kitabisa.com, situs galang dana dan donasi online akhirnya angkat bicara.

CMO Kitabisa Vikra Ijas menegaskan bahwa pembelian barang Cak Budi tersebut tidak menggunakan donasi yang digalang melalui situs mereka.

Melainkan menggunakan donasi yang langsung ke rekening pribadi milik Cak Budi dan istri.

Sementara Kitabisa tidak memiliki akses untuk memonitor donasi yang masuk rekening pribadi serta bagaimana dana tersebut disalurkan.

Karena masalah ini, Kitabisa memutuskan menutup halaman penggalangan dana Kitabisa.com/cakbudi.

Saat ini pihaknya juga tengah berkoordinasi dengan Cak Budi perihal penyaluran dana melalui Aksi Cepat Tanggap, lembaga kemanusiaan global yang disepakatinya.

“Kami akan memastikan setiap rupiah yang terkumpul disalurkan kepada kaum dhuafa dan para donatur akan mendapatkan update segera setelah penyaluran dilakukan,” kata Vikra lewat siaran pers yang diterima JawaPos.com, Selasa (2/5).

Dalam kesempatan yang sama, pihak Kitabisa juga menjelaskan awal mula penggalangan dana Cak Budi.

Saat itu Alfatih Timur, CEO Kitabisa, bersama Cak Budi menjadi narasumber talkshow di sebuah TV nasional.

Melihat nilai tambah yang diberikan Kitabisa untuk menjaga transparansi kegiatannya, Cak Budi pun membuat halaman penggalangan dana di Kitabisa.com/cakbudi.

Sesuai prosedur menggalang dana, dia pun telah diverifikasi identitasnya oleh tim Kitabisa.

Setiap Cak Budi melakukan pencairan atas dana yang terkumpul, kitabisa.com juga secara rutin meminta update penyaluran dana.

Update tersebut kemudian dilaporkan secara langsung kepada para donatur melalui kolom update di laman donasi terkait yang secara otomatis terkirim ke email seluruh donatur.

Hal tersebut bisa dilihat pada kolom update penggunaan dana yang bisa diakses di Kitabisa.com/cakbudi dimana Cak Budi sudah mengirimkan update sejak 26 Januari 2017.

Adapun update yang ditulis di kitabisa tersebut terbatas pada donasi yang sudah dicairkan dari halaman Kitabisa.com/cakbudi, di mana Cak Budi telah mencairkan senilai Rp 200 juta dari total donasi terkumpul, dan telah disalurkan sesuai pelaporan di laman tersebut.

Sisa donasi yang terkumpul akan disalurkan ke lembaga kemanusiaan global Aksi Cepat Tanggap.

Seperti diketahui, Cak Budi membuat heboh media sosial karena pengakuannya menggunakan dana donasi untuk membeli mobil Fortuner dan iPhone7. Pengakuan disampaikan lewat akun media sosial Instagram @cakbudi_.

Di sana dia menulis telah mengumpulkan lebih dari Rp 1,2 miliar donasi. Riciannya yakni Rp 560 juta ke rekening pribadi dan sekitar Rp 700 juta dari halaman akun Kitabisa.com/cakbudi.

Sebagian uang itu kemudian dibelikan mobil dan iPhone7 dengan alasan untuk operasional. Sisanya rencana digunakan untuk membangun rumah singgah bagi lansia. Keputusannya membeli barang mewah itu mendapat kecaman dari netizen. (jpg/fajar)

loading...

The Latest

To Top