Siswa SMP, Ini Pesan Kemendikbud dalam Menjalani UN – FAJAR Trend
Google Trend

Siswa SMP, Ini Pesan Kemendikbud dalam Menjalani UN

siswa smp mengikuti unbk

FAJAR TREND – Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Selasa (2/5), siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat mengikuti Ujian Nasional (UN) hari pertama.

Sama seperti tingkat SMA dan SMK, UN digelar dengan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Ada jutaan siswa di seluruh Indonesia yang berjuang menggapai cita-citanya ke jenjang yang lebih tinggi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencatat jumlah sekolah SMP yang mengikuti UN jauh lebih banyak ketimbang tingkat SMA dan SMK. Karena itu, diperlukan jumlah proktor (petugas yang membantu server UN di kelas) lebih banyak.

“Kami berharap para proktor dari SMA/MA/SMK bisa membantu SMP dalam pelaksanaan nanti. Tapi sejauh ini pelaksanaan UN lancar,” jelas Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud, Nizam, Selasa (2/5).

Kebutuhan jumlah proktor yang jauh lebih banyak juga dilaksanakan sejumlah sekolah. Harapan para guru, petugas proktor perlu ditambah, supaya gangguan server lokal di seekolah bisa cepat disinkronisasi dengan server pusat.

“Belajar dari UNBK SMK yang crowded, karena kurang operator di server pusat, anak-anak jadi korbannya, harus ujian UNBK ulang. Banyak didominasi siswa SMK di luar Jawa karena kesusahan sinkronisasi ulang, akibat mati listrik dan kurangnya operator di server pusat,” tegas Direktur Sekolah Al-Ma’mun Education Center (AMEC) Bojongsari Depok, Ma’mun Ibnu Ridwan.

Data Kemendikbud, ada 45.098 sekolah SMP sederajat yang mengikuti UNKP dan 11.096 sekolah yang mengikuti UNBK. Sedangkan jumlah siswa yang mengikuti UNKP yaitu 2.855.633 siswa dan 1.349.744 yang mengikuti UNBK.

UN SMP/MTs akan dirancang menjadi dua gelombang sebagai solusi untuk masalah kekurangan komputer. Gelombang pertama UN SMP/MTs akan berlangsung pada 2, 3, 4, dan 15 Mei 2017, sedangkan gelombang kedua akan dilaksanakan pada 8, 9, 10, dan 16 Mei 2017. (jpg/fajar)

loading...

The Latest

To Top