KEREN.. Dari Pesta Hiburan Malam, Pemda Katongi Rp5 Juta Setiap Hari – FAJAR Trend
Update

KEREN.. Dari Pesta Hiburan Malam, Pemda Katongi Rp5 Juta Setiap Hari

ilustrasi

FAJAR.CO.ID, TANJUNG SELOR – Retribusi parkir yang dibebankan bagi pengunjung pesta hiburan rakyat di Lapangan Agatis, Tanjung Selor dalam rangka HUT ke-4 Provinsi Kaltara beberapa waktu lalu cukup membantu pemasukan daerah. Hal itu diungkapkan Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Bulungan Adi Irwansyah.

Adi menyebutkan, selama kegiatan hiburan rakyat yang berlangsung tiga hari, retribusi parkir yang didapat sekitar Rp 5 juta lebih. Baik itu yang ditarik untuk roda dua maupun roda empat.

“Jadi kalau dibilang menambah pemasukan daerah, itu sudah jelas. Angka itu juga masih sementara. Karena dari karcis yang disiapkan, masih ada yang belum disetorkan,” ujar Adi, Kamis (27/4).

Menurutnya, penarikan retribusi parkir di acara tersebut sah-sah saja. Sebab, lokasi parkir yang disiapkan untuk pengunjung merupakan aset Pemkab Bulungan.

“Beberapa tempat parkir kan masih aset Kabupaten Bulungan, jadi sah saja kalau ada retribusi parkirnya. Itu juga untuk daerah, bukan perseorangan,” terangnya.

Adi mengaku tidak ada aduan dari pihak mana pun terkait penarikan retribusi parkir selama kegiatan hiburan berlangsung. Retribusi ini juga baru pertama kali diterapkan untuk acara atau kegiatan di Lapangan Agatis. “Ini pungutan resmi dari pemerintah,” katanya.

Kendala yang dihadapi selama kegiatan kata dia, minimnya tenaga di lapangan. Sehingga banyak kendaraan yang parkir tidak ditarik retribusi. Adi memperkirakan, hanya 40 persen kendaraan yang ditarik retribusi. Selebehnya lolos karena minimnya tenaga. “Sebenarnya potensinya cukup besar. Tapi kami kekurangan tenaga. Jadi ada yang tidak ditarik,” ujarnya.

Dia menambahkan, potensi retribusi parkir di Tanjung Selor cukup besar jika diterapkan di beberapa tempat yang merupakan aset daerah. (*/zis/har)

loading...
Click to comment

The Latest

To Top