Tak Pakai Ampun, Dua Mobil Pedagang Diderek, Satu Kabur – FAJAR Trend
Update

Tak Pakai Ampun, Dua Mobil Pedagang Diderek, Satu Kabur

FAJAR.CO.ID, BALIKPAPAN – Petugas gabungan Dinas Perdagangan, Dinas Perhubungan dan Satpol PP, kemarin (27/4) melakukan razia pedagang liar. Razia dilakukan di pasar Klandasan. Menyasar kendaraan roda empat milik pedagang yang bandel berjualan di lokasi parkir yang dilarang.

“Ada dua kendaraan yang terpaksa kami derek. Pemilik kendaraan tidak mengindahkan peringatan kami. Baik lisan maupun tertulis. Mereka sebenarnya sudah dikenakan sanksi tipiring (tindak pidana ringan). Tetapi hari ini kami lihat kembali berjualan,” kata Kabid Sarana Perdagangan, Dinas Perdagangan Kota Balikpapan, Endang Dwi Kartini.

Dalam razia ini, satu pemilik kendaraan kabur. Meninggalkan kendaraannya yang terpaksa dibawa Satpol PP. Sementara satu kendaraan lainnya diderek Dinas Perhubungan dengan alasan kerusakan mesin. Endang menyebut, hal ini akan dilakukan secara rutin.

“Ini kami lakukan sebagai upaya penertiban kawasan perdagangan di pasar. Kami bekerja sama dengan  Satpol PP dan Dinas Perhubungan untuk mempermudah proses penegakan aturan ini,” lanjutnya.

Selanjutnya, Dinas Perdagangan menyerahkan kewenangan kendaraan kepada Dishub. Mengenai sanksi juga diserahkan ke Dishub. Pasalnya melibatkan kendaraan yang parkir secara illegal. Dinas Perdagangan hanya menegakkan aturan di pasar.

“Mengenai sanksi dan bagaimana sistem pemilik untuk menebus kendaraannya kami serahkan kepada Dishub. Karena mobil yang diderek langsung dibawa kesana. Di sana juga akan diperiksa kelayakan kendaraannya,” tutupnya. (*/rdh/rsh/k18)

loading...
Click to comment

The Latest

To Top