Bingung Kuliah Apa? Mungkin 10 Jurusan Para Miliarder Dunia Ini Bisa Jadi Referensi Kamu – FAJAR Trend
Gaya Hidup

Bingung Kuliah Apa? Mungkin 10 Jurusan Para Miliarder Dunia Ini Bisa Jadi Referensi Kamu

ilustrasi wisuda

FAJAR TREND – Ragam jurusan yang ada di universitas nasional maupun swasta, kerap membuat para calon mahasiswa kebingungan.

Selain ilmu yang didapat, faktor lain yang tak kalah penting menjadi pertimbangan para calon mahasiswa adalah prospek kerja yang ditawarkan.

Sebagai bahan referensi dalam memilih, 10 jurusan perkuliahan ini dipilih para miliarder dunia, dilansir dari Telegraph.

1. Filosofi

Salah satu miliarder yang pernah mencicipi kuliah di jurusan filosofi adalah George Soros. Alumnus London School of Economics (LES) ini kini mengantongi kekayaan USD24,9 miliar atau sekira Rp328 triliun.

2. Perdagangan

Pernah mendengar nama Hotel Sangri-La? Pemiliknya adalah pria asal Malaysia, Robert Kuok. Sebelum merajai rantai perhotelan di berbagai negara, ayah delapan anak itu pernah mengenyam pendidikan di Raffles College dengan mengambil jurusan perdagangan.

3. Matematika

Majalah Forbes pernah merilis kekayaan pria asal Amerika Serikat ini, James Haris Simon sebesar USD14 miliar atau sekira Rp184,8 triliun pada 2015.

Simon sendiri pernah mengenyam pendidikan di MIT pada 1958 dengan mengambil jurusan Matematika. Kini, selain sebagai matematikawan, dia juga dikenal sebagai manajer hedge fund ulung.

4. Ilmu Komputer

Salah satu pendiri Google yaitu Sergey Brin pernah menjadi mahasiswa University of Maryland pada 1990 dengan jurusan Ilmu Komputer.

Pria berusia 42 tahun tersebut kini menikmati hasil kerja kerasnya dengan total kekayaan USD14 miliar atau sekira Rp452,7 triliun pada 2015.

5. Sejarah

Para miliarder dunia nyatanya juga ada yang pernah mengambil jurusan sejarah saat kuliah. Di antara kampus mereka adalah Harvard dan Cambrige.

6. Sains

Ternyata banyak miliarder dunia mengambil jurusan yang berkaitan dengan ilmu pasti seperti fisika dan kimia. Salah satunya yaitu Oleg Deripaska, pendiri perusahaan Basic Element yang pernah mengeyam pendidikan di Moscow State University.

7. Hukum

Ilmu hukum juga menjadi salah satu jurusan yang pernah dipelajari para miliarder dunia. Salah satunya, Summer M Redstone, yang merupakan pendiri kerajaan media CBS Corporation.

Redstone menekuni ilmu humuk ketika berkuliah di Harvard University.

8. Ekonomi

Investor kelas dunia, Charles R Schwab kini mengantongi kekayaan sedikitnya USD3,5 miliar (Rp46,2 triliun). Sewaktu kuliah di Stanford University, dia mengambil jurusan ekonomi.

9. Bisnis

Tycoon bisnis asal Malaysia, Ananda Krishnan, menekuni jurusan bisnis saat menjadi mahasiswa Harvard Business School.

Pria kelahiran April 1938 tersebut menempati peringkat enam dalam daftar orang terkaya di Asia.

10. Teknik

Setidaknya 48 miliarder dunia ternyata pernah mempelajari ilmu teknik saat kuliah. Lingkup pendidikan mereka pun beragam, termasuk teknik kimia, teknik elektro dan teknik sipil.

Keahlian science technology engineering and mathematics (STEM) sendiri dibutuhkan di banyak bidang pekerjaan. (fajar/pojoksatu)

loading...

The Latest

To Top