Fadli Zon: Lepaskan Pimpinan Aksi 313 Jika Tidak Ada Bukti Makar – FAJAR Trend
Google Trend

Fadli Zon: Lepaskan Pimpinan Aksi 313 Jika Tidak Ada Bukti Makar

fadli zon

FAJAR TREND – Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta pihak kepolisian segera melepas pimpinan aksi 313 jika tidak terbukti melakukan upaya makar.

“Ya menurut saya harus segera dilepaskan. Kalau tidak ada bukti-bukti, apalagi tuduhannya makar. Jadi, harus dihentikan ,” tegasnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (31/3).

Kata dia, demonstrasi merupakan hak bagi setiap warga negara yang dilindungi oleh undang-undang. Kalau memang ada aturan yang dilanggar para demonstran, barulah pihak kepolisian melakukan tindakan.

“Jangan ini menjadi suatu upaya memberangus demokrasi kita. Jangan sampai ini menjadi upaya memundurkan demokrasi kita,” tegas dia.

Politikus Partai Gerindra itu melihat, tindakan kepolisian itu sama halnya dengan aksi 212 dimana sejumlah aktivis ditangkap sebelum kegiatan digelar. Kenyataannya, hingga saat ini status para aktivis tersebut pun tidak jelas.

“Bahkan Sri Bintang Pamungkas sampai lebih empat bulan tidak jelas statusnya. Ini kan pelanggaran hak asasi manusia,” tegas dia.

Fadli meminta, negara tidak perlu paranoid atau ketakutan dengan aksi demonstrasi. Faktanya, aksi-aksi sebelumnya pun berjalan dengan tertib dan damai.

“Jangan sampai terjadi kemunduran dalam demokrasi hanya untuk menakut-nakuti warga untuk kepentingan politik jangka pendek,” pungkas legislator asal Jawa Barat itu.

Polda Metro Jaya membenarkan ihwal penangkapan sejumlah pimpinan aksi 313 yang digelar siang nanti (31/3). Kabid Humas Polda Metro Jaya, Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, penangkapan dilakukan tadi malam (30/3). “Benar (ada penangkapan). Ada lima orang,” ujar dia ketika dikonfirmasi.

Kelimanya kini telah ditahan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Meski begitu, Argo belum mau memerinci lebih lanjut siapa saja yang ditangkap dan apa alasan dari penangkapan itu. “Sekarang masih diperiksa intensif. Nanti kami beri keterangan lagi,” jelas dia. (fajar/jpg)

loading...

The Latest

To Top