Carlton Cole: Mantan Calon Bintang Chelsea, Namun ‘Terdampar’ di Persib – FAJAR Trend
Google Trend

Carlton Cole: Mantan Calon Bintang Chelsea, Namun ‘Terdampar’ di Persib

carlton cole

FAJAR TREND – Persib Bandung resmi merekrut Carlton Cole dari tim divisi dua Major Soccer League, Sacramento Republic.

Peresmian Carlton Cole sebagai pemain anyar Chelsea diselenggarakan di Graha Persib, Bandung, Kamis (30/3) pagi.

Pemain berusia 33 tahun tersebut adalah pemegang tujuh cap bersama timnas Inggris.

Mengawali karir di akademi sepakbola Chelsea, Cole melakukan debut di tim senior saat The Blues masih ditangani mantan pelatih Leicester City, Claudio Ranieri, April 2002 silam.

Saat itu, ia dipilih untuk menggantikan Jimmy Floyd Hasselbaink dari bangku cadangan, dalam kemenangan 3-0 Chelsea atas Everton.

Tiga minggu kemudian, ia kembali dipercaya Ranier untuk berlaga bersama tim senior saat laga melawan Middlesbrough di Riverside Stadium. Kepercayaan tersebut dibayar tuntas oleh Cole dengan sukses menyarangkan sebiji gol.

Dalam salah satu wawancara bersama BBC Sport pada 2002 silam, Ranieri memuji penampilan impresif anak asuhnya itu.

“Saya belum pernah melatih pemain muda seperti Carlton. Ia sangat luar biasa, memiliki kontrak yang panjang, dan menurut saya, ia memiliki masa depan yang cerah bersama Chelsea,” ujar Ranieri.

Namun, kehadiran Eidur Gudjohnsen, Jimmy Floyd Hasselbaink, dan Gianfranco Zola membuat Cole menjadi pilihan keempat sebagai unjung tombak Chelsea.

Minim jam terbang serta penampilan, ia kemudian dipinjamkan ke Wolverhampton Wanderers pada November 2002.

Di musim 2003/04, Cole menandatangani kontrak selama enam musim bersama Chelsea. Pada saat yang bersamaan, The Blues mendatangkan Adrian Mutu dan Mikael Forssell yang membuat Cole kembali menjadi pilihan keempat. Maka, ia kembali dipinjamkan ke Charlton Athletic pada Agustus 2003 selama semusim penuh.

Kembali ke Chelsea usai membawa Charlton bertengger di posisi ketujuh klasemen akhir EPL, nyatanya tak membuat Cole menjadi pilihan utama. Ia kembali dipinjamkan, kali ini ke Aston Villa pada Juli 2004.

Musim berikutnya, kedatangan Didier Drogba dan Hernan Crespo lagi-lagi menjadi halangan bagi Cole untuk menjadi pilihan utama di skuat Chelsea.

Minimnya jam tampil membuat Cole memutuskan untuk gabung West Ham pada musim 2006/07, dan menghabiskan sembilan musim serta mencetak 47 gol dari 207 penampilan, sebelum akhirnya bergabung ke Celtic dan Sacramento Republic. (RIZ/FAJAR)

loading...
Click to comment

The Latest

To Top