BMKG: El Nino Mengancam Indonesia Beberapa Bulan ke Depan – FAJAR Trend
Google Trend

BMKG: El Nino Mengancam Indonesia Beberapa Bulan ke Depan

ilustrasi kemarau

FAJAR TREND – Forecaster (peramal cuaca) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Barat, Jadi Herdarmin mengatakan, sejumlah kota dan kabupaten di Indonesia pada Juni hingga Agustus mendatang berpeluang tertimpa El Nino.

Ia juga menambahkan, intensitas El Nino di Indonesia tidak akan sekuat yang terjadi di sepanjang pantai barat Peru dan Ekuador.

“Suhu muka laut di wilayah Jawa dan selatan Jawa akan mendingin dan berpotensi bulan September akan lebih kering dari biasanya,” katanya kepada wartawan, Jumat (24/3).

Dia menuturkan, di Tahun 2015 lalu pernah terjadi El Nino dalam skala lemah menengah, hingga pengaruhnya di Indonesia kering.

Kemudian di Tahun 2016 terjadi La Nina dalam kisaran lemah sehingga pengaruhnya di Indonesia basah.

“Hujan sepanjang tahun 2016 dan puncaknya telah terjadi di bulan Maret ini, untuk April peluang secara gradual ada sedikit penurunan, sehingga potensi di bulan Mei untuk Jawa Barat pada umumnya akan memasuki awal musim kemarau, sedangkan untuk Bandung sekitarnya peluang musim kemarau terjadi di dasarian pertama bulan Juni,” terangnya.

BMKG masih memonitor dan akan selalu memperbarui hasil monitoring tersebut guna dibagikan ke instansi terkait untuk mengantisipasi kebencanaan yang diakibatkan oleh bencana hidro meteorologi.

“Masyarakat harus waspada juga terhadap bencana hidrometeorologi,” pungkasnya. (fajar/jpg)

loading...

The Latest

To Top