Ternyata Fungsi Awal Game Solitaire pada Windows Bukan untuk Menghibur, Tapi… – FAJAR Trend
Teknologi

Ternyata Fungsi Awal Game Solitaire pada Windows Bukan untuk Menghibur, Tapi…

FAJAR TREND – Semua pengguna komputer pasti pernah memainkan game Solitaire. Tapi, apa alasan Microsoft memasang game tersebut pada setiap komputer?

Solitaire, bersama Minesweeper, Hearts, dan FreeCell, merupakan game legendaris di dunia komputer. Keempat game tersebut menjadi langganan untuk ter-install di tiap komputer dengan sistem operasi Windows selama 15 tahun.

Namun ternyata, Solitaire tidak diciptakan Microsoft untuk menghibur penggunanya. Lalu jika begitu, untuk apa?

Solitaire pertama kali disematkan pada Windows 3.0, 1990 silam, untuk melatih kelancaran pengguna komputer dalam menggunakan mouse.

Dengan teknik permainan ‘drag and drop‘, Solitaire digunakan Microsoft sebagai alat meningkatkan kemampuan ‘melek’ komputer bagi warga Amerika Serikat kala itu.

Drag and drop‘ mungkin saat ini sudah menjadi hal biasa. Namun pada saat itu, banyak pengguna yang belum akrab dengan mouse, mengingat komputer pertama kali diciptakan tanpa adanya mouse.

Kini, lantaran masyarakat sudah terbiasa dengan adanya mouse pada sebuah perangkat komputer, Microsoft tak lagi menyematkan Solitaire pada Windows 10 yang dirilis pada 2015 silam. (Riz/Fajar)

loading...
Click to comment

The Latest

To Top