Menarik Tunggu Kejutan AHY-Silvy pada Debat Cagub DKI – FAJAR Trend
Google Trend

Menarik Tunggu Kejutan AHY-Silvy pada Debat Cagub DKI

pasangan cagub-cawagub nomor urut 1, agus harimurti yudhoyono dan silvyana

FAJAR TREND – Tahapan kampanye Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 hari ini, Jumat (13/1), memasuki babak baru.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI menyelenggarakan debat terbuka tiga kandidat di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Acara tersebut menjadi ajang perang program, visi-misi, dan bagaimana membangun Jakarta ke depan.

Di sini sekitar 10 juta warga DKI akan melihat bagaimana tiga kandidat memaparkan argumentasi, gagasan, dan menjual programnya. Namun, pada sesi debat ini, ada yang menarik.

Publik pasti sudah menunggu-nunggu Agus Harimurti Yudhoyono. Sebab, selama ini putra ketua umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat itu tidak pernah hadir dalam debat kandidat yang diselenggarakan TV swasta nasional.

Cagub Anies Baswedan menilai, pasangan calon nomor urut satu Agus-Sylvi dan nomor urut dua Ahok-Djarot sudah pasti telah melakukan pesiapan menjelang debat yang digelar KPU DKI. ‘

‘Dua pasangan merupakan calon berat dan berbobot pada debat nanti,” kata Anies di Jagakarsa, Jakarta Selatan, kemarin (12/1).

Mantan rektor Universitas Paramadina itu mengungkapkan, tidak ada pembagian tugas khusus antara dirinya dan Sandiaga Uno dalam debat nanti. Menurut dia, pasangan nomor urut 3 akan lebih banyak melakukan improvisasi.

”Kami selalu ngalir. Anda lihat sendiri kami kompak aja. Ada tema yang nanti Bang Sandi bicara saya tambahi, ada yang tema saya bicara Bang Sandi tambahi,” beber dia.

Secara terpisah, cagub DKI nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono menyatakan siap berdebat dengan pasangan calon yang lain. Dia mengatakan tidak ada persiapan khusus untuk meladeni debat atau tanya jawab dengan dua pasangan yang lain.

”Sebab, persiapan debat dimulai sejak awal dirinya bergerilya bertemu dengan warga Jakarta,” katanya.

Sementara itu, cagub DKI nomor urut 2 Ahok meminta doa dari para pendukungnya agar bisa bersikap tenang dan emosinya tidak mudah terpancing. Mantan bupati Belitung Timur itu sudah cukup fasih melakukan debat.

Terkait adanya kemungkinan diserang banyak isu, terutama penggusuran, Ahok sudah mempersiapkan diri. Menurut dia, beberapa penjelasan sudah disiapkan untuk mematahkan serangan dari rival terkait isu penggusuran yang bisa menjatuhkan. Termasuk isu reklamasi.

”Kamu tonton saja. Kalau gue jawab, nggak nonton lagi. Saya nggak pernah nyerang orang,” terangnya.

Komisioner KPU DKI Betty Epsilon Idroos mengungkapkan, tema debat pertama yang akan dilangsungkan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, itu tentang pembangunan sosial ekonomi dengan subtema tentang lapangan kerja, juga tentang lingkungan dan transportasi serta pendidikan dan keamanan.

”Panelis sudah kami siapkan dari akademisi, pertanyaan dari mereka juga sudah disiapkan. Hanya tinggal pelaksanaannya,” bebernya.

Pengamat politik Ray Rangkuti menyatakan, publik merasa penasaran dengan kemampuan berdebat Agus. Sebab, cagub nomor 3 itu belum pernah sekali pun mengikuti acara debat seperti yang dilakukan dua calon lain.

“Orang ingin melihat seperti apa Agus kalau debat. Ini ditunggu banyak orang,” ujar Ray.

Apalagi, Agus tercatat tidak pernah hadir dalam dua acara debat antarpeserta pilkada yang diselenggarakan stasiun televisi swasta. Dua acara debat tersebut hanya diikuti pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandiaga.

“Performa Agus sama sekali tidak terbaca dalam debat. Agus menjadi menarik karena performa dia dalam forum debat belum bisa dinilai publik selama ini,” jelas dia. (fajar/JPG)

loading...

The Latest

To Top