Tagar #SaksiGaLihat Puncaki TTI Twitter Selama Persidangan Ahok. Ada Apa? – FAJAR Trend
Update

Tagar #SaksiGaLihat Puncaki TTI Twitter Selama Persidangan Ahok. Ada Apa?

FAJAR TREND – Tagar #SaksiGaLihat viral di jejaring sosial Twitter selama persidangan lanjutan kasus dugaan penistaan agama yang menjerat terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Tagar tersebut per 3 Januari 2017, 16.56 WIB, dilansir dari laman Trends24.in, menduduki urutan pertama daftar Trending Topic Indonesia (TTI).

Hasil pantauan Fajar Trend, mayoritas postingan netizen di Twitter memperolok saksi yang didatangkan dalam persidangan kasus yang menjerat Ahok itu.

Lalu, mengapa tagar tersebut muncul dan menduduki puncak TTI? Siapa saksi yang jadi bahan olok-olokkan netizen?

Ternyata, tagar tersebut ditujukan kepada Sekretaris Jenderal Dewan Syuro DPD FPI Jakarta, Novel Chaidir Hasan Bamukmin atau Habib Novel. Ia dijadikan sebagai saksi pertama dalam persidangan tersebut.

Dalam persidangan, Habib Novel ditanya oleh hakim mengenai pengetahuannya tentang pidato Ahok di Pulau Seribu yang menjadi sumber permasalahan.

Hal tersebut disampaikan oleh tim advokasi GNPF-MUI, Dedi Suhardadi, di sela persidangan. Ia membeberkan Novel tahu tentang pidato Ahok dari video yang di-upload oleh Pemprov DKI Jakarta dan didapatkannya dari grup Whatsapp (WA).

“Habib Novel dicecar hakim tentang asal mula pengetahuannya tentang pidato Ahok itu. Habib Novel bilang pegang video yang di-upload dari Pemda DKI. Terus ditanya darimana dapatnya video itu, Habib Novel bilang dari grup WA jamaahnya. Setelah dapat video itu, Habib Novel lapor ke Bareskrim Polri,” kata Dedi di sela persidangan kepada wartawan di gedung Kementan, Ragunan, Jakarta Selatan.

Sebelum persidangan, Habib Novel sempat meminta agar Ahok ditahan karena sudah ditetapkan sebagai terdakwa.

“Kami juga minta Kemendagri agar (Ahok) diberhentikan sementara. Ahok harus ditahan karena sudah terdakwa,” kata Novel kepada wartawan. (fajar/rmol)

loading...

The Latest

To Top