Gempa Guncang NTT Hari Ini, Masyarakat NTB dan Bali Juga Rasakan Dampaknya – FAJAR Trend
Google Trend

Gempa Guncang NTT Hari Ini, Masyarakat NTB dan Bali Juga Rasakan Dampaknya

FAJAR TREND – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya gempa berkekuatan 6,6 SR yang mengguncang wilayah NTB, NTT, dan Bali, Jumat (30/12) pagi.

Dalam laporannya, gempa terjadi pada pukul 05.30 WIB. Titik gempa diperkirakan pada koordinat 9.37 LS, 118.63 BT, atau 59 km Barat Laut Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan kedalaman 91 km.

“Informasi yang kami peroleh dari BMKG, gempa tidak berpotensi tsunami. Sumber gempa berasal dari subduksi pertemuan lempang Hindia Australia dan Eurasia,” ujar Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, di Jakarta, Jumat (30/12) pagi.

Menurut Sutopo, ‎posko BNPB juga telah mengonfirmasi dampak gempa dirasakan sedang hingga kuat di Kota Bima, Sumbawa, Sumbawa Barat, Praya, Lombok, Kota Mataram (NTB), Sumba Barat Daya, Dompu (NTT) hingga sejumlah wilayah di Bali.

Gempa dirasakan cukup kuat di Sumba Barat Daya selama kurang lebih lima detik. Masyarakat sempat panik, namun sejauh ini belum ada laporan mengenai dampak gempa. Demikian juga daerah-daerah lain seperti di Bali, gempa dirasakan sekitar lima detik, hingga membuat warga berhamburan ke luar rumah.

‎”‎Aparat dan masyarakat yang sedang melakukan penanganan darurat pascabanjir di Kota Bima juga merasakan guncangan cukup keras dan berhamburan ke luar bangunan dan rumah. Pasien dikeluarkan dari bangunan,” ucap Sutopo.

Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan. BPBD masih terus melakukan pemantauan. ‎Sutopo mengimbau masyarakat selalu waspada. Respons terbaik saat merasakan gempa adalah keluar rumah atau bangunan secepatnya dan berkumpul di tempat yang aman. (fajar/jpnn)

loading...

The Latest

To Top