Ini Perjalanan Karir Sang Juara F1 Nico Rosberg! – FAJAR Trend
Google Trend

Ini Perjalanan Karir Sang Juara F1 Nico Rosberg!

OPTA

FAJAR TREND – Nico Rosberg baru saja berhasil merengkuh juara dunia ajang balap jet darat Formula Satu 2016.

Menempel ketat Lewis Hamilton sejak balapan dimulai, pembalap asal Jerman tersebut finis di posisi kedua GP Abu Dhabi, di sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi.

Nico Rosberg bersuka cita seusai finis di posisi kedua GP Abu Dhabi - GETTY IMAGES

Nico Rosberg bersuka cita seusai finis di posisi kedua GP Abu Dhabi – GETTY IMAGES

Meski finis di posisi pertama, tak mampu membuat Hamilton mempertahankan gelar juara musim lalu. Tertinggal lima poin di klasemen pembalap F1, pembalap asal Inggris tersebut harus puas menjadi runner-up musim ini.

Mari melirik sedikit ke belakang mengenai peraih juara dunia F1 pertama kali tersebut.

Nico Erik Rosberg, lahir di ibukota negara baian Hessen, Wiesbaden, Jerman. Ia adalah anak dari pembalap Finlandia, Keke Rosberg, yang menjuarai F1 pada tahun 1982 silam.

Keke Rosberg, ayah Nico Rosberg - GOOGLE IMAGES

Keke Rosberg, ayah Nico Rosberg – GOOGLE IMAGES

Di awal karirnya, Rosberg membawa bendera Finlandia ketika membalap. Namun, kemudian ia menjadikan Jerman sebagai negara yang ia bela di ajang F1.

Mengawali karir sebagai pembalap gokar pada usia enam tahun. Pada 2000 silam, ia bermain di satu tim yang sama dengan rivalnya kini, Lewis Hamilton.

Dengan prestasi dan bakatnya yang amat menjanjikan, Rosberg kemudian mengikuti German Formula BMW, dua tahun kemudia. Pada musim perdana ajang pembalap amatir yang diadakan produsen mobil mewah dunia asal Jerman tersebut, Rosberg berhasil merengkuh gelar juara dan kemudian dipinang tim ayahnya, Team Rosberg untuk membalap di Formula Tiga.

Meraih juara Formula BMW pada tahun 2002 - WIKIPEDIA

Meraih juara Formula BMW pada tahun 2002 – WIKIPEDIA

Prestasinya sangat membanggakan di ajang balap kasta ketiga jet darat tersebut, membuatnya mencicipi F1 dengan melakukan tes dengan tim balap, Williams.

Pada 2005, Rosberg kemudian bergabung dengan ART Grand Prix untuk membalap di ajang GP2 Series. Kemudian, ia menjadi pembalap pertama yang menjuarai kejuaraan balap tersebut.

Akhir 2005, Rosberg resmi diperkenalkan sebagai pembalap Williams untuk musim 2006. Pada balapan pertamanya di F1, GP Bahrain, Rosberg mencetak rekor lap tercepat dengan mengendarai mobil yang digadang-gadang tak memenuhi standar balapan.

Malang melintang di ajang tertinggi jet darat dunia, Rosberg baru berhasil naik ke podium pada tahun 2008 di GP Australia, dan pada September di tahun yang sama, ia mencatat pencapaian tertingginya dengan finis kedua di belakang Fernando Alonso pada GP Singapura.

Rosberg kala membalap bersama tim AT&T Williams - GOOGLE IMAGES

Rosberg kala membalap bersama tim AT&T Williams – GOOGLE IMAGES

Tahun berikutnya bersama menjadi musim yang konsisten bagi Rosberg. Ia mendulang poin di hampir tiap seri balapan yang diikuti, dan dengan konsisten selalu finis di posisi 10 besar.

Pada 23 November 2009, tim Mercedes GP mengumumkan Nico Rosberg sebagai pembalap baru mereka untuk musim 2010, bersama juara dunia F1 tujuh kali, Michael Schumacher.

Nico Rosberg bersama tim Mercedes - GOOGLE IMAGES

Nico Rosberg bersama tim Mercedes – GOOGLE IMAGES

Di GP Tiongkok musim 2012, Rosberg berhasil meraih posisi terdepan pertama kali dalam karirnya. Ia tak menyia-nyiakannya, dan berhasil finis di posisi terdepan, 20 detik dari pesaingnya di posisi dua, Jenson Button.

Rosberg bersama rekan setimnya di Mercedes, Hamilton - PAUL GILHAM/GETTY IMAGES

Rosberg bersama rekan setimnya di Mercedes, Hamilton – PAUL GILHAM/GETTY IMAGES

Rosberg bertahan di Mercedes pada musim 2013 dan berduet dengan Lewis Hamilton, yang baru saja dikontrak selama tiga musim oleh timnya, dan hingga akhirnya berhasil merengkuh predikat sebagai pembalap paling kompetitif pada musim 2016. (m2/fajar)

loading...

The Latest

To Top